Menanti Pertempuran Pembuka di Arena Liga Champions

Manchester United Hancurkan Club Brugge
Sumber :
  • REUTERS/Carl Recine
VIVA.co.id
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
- Para pecinta sepakbola akan kembali diusuguhkan turnaman bergengsi antarklub Eropa, Liga Champions, mulai Rabu 16 September 2015 dini hari WIB. Beberapa pertandingan seru pun tercipta di pekan perdana.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!
Salah satunya adalah tim tangguh yang absen di kompetisi edisi tahun lalu, Manchester United. Tim besutan Loui van Gaal akan memulainya dengan berhadapan dengan tuan rumah PSV di Philips Stadion, Eindhoven di Grup B.

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal
Meski sempat "menghilang" dari peredaran pada Liga Champions musim lalu, Setan Merah tampaknya begitu siap menghadapi edisi kali ini. Mereka bahkan sudah panas, setelah tampil gemilang pada dua laga playoff melawan Club Brugge.

Sayangnya, pada laga melawan PSV, Setan Merah harus kehilangan penyerang sekaligus kapten mereka, Wayne Rooney, yang cedera hamstring. Kapten Timnas Inggris itu juga absen pada laga Premier League kontra Liverpool akhir pekan lalu.

Louis van Gaal disebut akan melakukan penilaian dalam latihan hari ini, sebelum membuat keputusan akhir. Tapi, ada kemungkinan besar Martial bakal memimpin lini serang Setan Merah. "Anda harus menunggu dan melihat," kata LVG.

Dua opsi yang bisa diambil van Gaal adalah dengan kembali memainkan Marouane Fellainin di depan atau memasang pujaan anyar fans MU, Anthony Martial. Nama terakhir melakoni debut dengan sensasional di laga kontra Liverpool.

LvG menyebut  pemulihan fisik pemain jadi pertimbangan utama. "Tiga hari, karena itu pertandingan yang penting, bagi semua orang, juga dengan tekanan. Jadi mereka butuh tiga hari untuk memulihkan diri, lalu saya akan menentukan," ucapnya.

Marouane Fellaini menjadi ujung tombak menggantikan Rooney, saat pertandingan melawan Liverpool. Tapi, lewat aksi dan golnya, Martial telah membuktikan pada LVG, bahwa dia siap untuk mendapat kepercayaan sejak menit pertama.

Sementara itu, gelandang Setan Merah, Juan Mata menatap pertandingan kontra PSV sebagai sesuatu yang penting dan harus dimenangkan. Pasalnya, start bagus diyakini akan menentukan langkah MU berikutnya di Liga Champions.

"Menatap pertandingan Selasa di ajang Liga Champions, di dalam klub, kami semua sangat antusias mengenai kompetisi ini. Kami juga tahu betapa pentingnya start positif," kata Mata, seperti di Sportsmole, Senin 14 September 2015.

"PSV merupakan tim bersejarah di sepakbola Eropa, meski mereka tak berpartisipasi di fase grup selama beberapa tahun terakhir," sambung pemain internasional Spanyol, yang pernah membela Valencia dan Chelsea tersebut.

Hasil-hasil yang mereka raih di Premier League, tiga kemenangan, satu imbang, dan satu kekalahan pun menjadi modal bagus untuk mencuri tiga poin di markas PSV. Kepercayaan diri mereka bertambah setelah menyegel poisisi 3 klasemen.

Real Madrid vs Shakhtar Donetsk

Pada pertandingan lainnya, Real Madrid akan mengawali laga Grup A dengan menjamu klub Ukraina, Shakhtar Donetsk di Santiago Bernabeu. Bermodalkan hasil gemilang di La Liga awal musim ini, El Real diyakini tak bakal kesulitan.

Trio Karim Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo (BBC) bakal kembali menjadi andalan entrenador Rafael Benitez. Performa dan kekompakan ketiganya terus meningkat di musim ini, lewat kolaborasi-kolaborasi yang berujung gol.

Puncaknya pada jornada 3 La Liga, saat Madrid menghadapi Espanyol di Cornella, akhir pekan lalu. Ronaldo tampil fantastis dan beringas dengan menyarangkan 5 gol, sedangkan satu gol lainnya disumbangkan oleh Benzema.

Bukan hanya Ronaldo dan Benzema yang tampil gemilang. Meski tak mencetak gol, Bale juga punya kontribusi besar saat Madrid menang 6-0 atas Espanyol. Dua dari lima gol yang dilesakkan Ronaldo berasal dari assist eks Tottenham Hotspur itu.

Dilansir Marca, kolaborasi trio BBC sudah menghasilkan 9 dari 11 gol yang dicetak Madrid dalam 3 jornada pembuka. Situasi ini tentunya membuat pemain yang masih memegang rekor sebagai pemain termahal dunia tersebut sedikit lega.

"Sekarang saya mulai merasa terlibat dalam permainan. Saya pikir ini waktunya menunjukkan kemampuan di pertandingan. Saya sekarang sudah bisa mencetak gol dan memberikan assist (kepada Ronaldo dan Benzema)," kata Bale.

Kendati memiliki kekuatan penuh dalam menghadapi Shakthar, yang sejatinya bukan tim unggulan, Benitez enggan jemawa. Pelatih yang membawa Liverpool juara Liga Champions pada 2005 itu tetap waspada akan kejutan Hirnyky.

"Shakhtar merupakan tim hebat, dan akan sangat sulit untuk dihadapi. Mereka juga memiliki pelatih berpengalaman dan para pemain muda yang memiliki kualitas dan kecepatan," ucap Benitez, sebagaimana dikutip dari Sports Mole.

Musim lalu, Madrid gagal mempertahankan titel Liga Champions, usai disingkirkan Juventus di semifinal. Kendati demikian, Benitez menolak jika turnamen paling bergengsi antarklub Eropa itu menjadi prioritasnya pada musim ini.

"Saya merasakan tantangan untuk memenangi tiap pertandingan (yang dilakoni Madrid). Bukan cuma di Liga Champions," kata pelatih kelahiran Madrid, yang  memiliki nama lengkap Rafael Benítez Maudes tersebut.

Los Merengues juga memiliki misi tersendiri pada Liga Champions musim ini. Setelah musim lalu gagal menorehkan La Undecima (gelar ke-11) lantaran disingkirkan Juventus di semifinal, mereka akan menebusnya di musim ini.

*Ke halaman selanjutnya --- ManCity vs Juventus & Jadwal selengkapnya


Manchester City vs Juventus

Laga yang diprediksi bakal sengit adalah pertarungan di Grup D antara Manchester City dan Juventus di Etihad Stadium. Kedua tim mengincar kemenangan, agar langkah-langkah selanjutnya bisa dilewati dengan mulus.

The Citizens, yang sebelumnya selalu kandas di fase grup atau babak 16 besar, akan mencoba mematahkan tren tersebut. Kali ini, pasukan Manuel Pellegrini akan membuktikan bahwa mereka layak diperhitungkan di Liga Champions.

Terlebih, ManCity memiliki modal bagus yang didapat di Premier League. Hingga pekan keempat, mereka menjadi satu-satunya tim yang meraih torehan sempurna, empat kemenangan dari empat pertandingan, dan memuncaki klasemen.

"Ini adalah tentang bagaimana cara kami membawa kepercayaan diri di Premier League ke Liga Champions. Jika musim-musim sebelumnya kami kurang percaya diri, besok hal itu tak akan terjadi lagi," ucap kapten ManCity, Vincent Kompany.

"Di Premier League, kami benar-benar menunjukkan determinasi dan sangat lapar. Sebab, kami frustrasi musim lalu," lanjut Kompany, yang telah mempersembahkan dua titel Premier League, satu Piala FA, dan satu Piala Liga.

Di Liga Champions musim-musim sebelumnya, kata Kompany, City frustrasi. "Kini, yang kami butuhkan adalah kemarahan, hasrat, dan energi dan diluapkan pada laga besok. Ini penting," kata pemain bernama lengkap Vincent Jean Mpoy Kompany itu.

Sementara itu, manajer ManCity, Manuel Pellegrini mengatakan timnya harus tetap waspada karena bagaimanapun Juventus adalah tim kuat. Apalagi anak buah Massimiliano Allegri juga menyandang status finalis pada musim 2014-15.

"Kami menghadapi tim kuat. Mereka mencapai final musim kemarin dan memenangkan empat gelar domestik secara beruntun," kata Pellegrini, sebagaimana dikutip Football Italia, Senin 14 September 2015.

"Mungkin Juventus memulai kompetisi dengan buruk, tapi Liga Champions selalu berbeda. Mereka akan lebih termotivasi," lanjut pelatih asal Chile, yang pernah membesut Villarreal, Real Madrid, dan Malaga tersebut.

Sementara itu, di kubu Juventus, andalan mereka, Paulo Dybala berharap timnya mampu meraih hasil bagus. Mantan pemain Palermo tersebut percaya jika mampu bermain bagus di sana, maka 'Si Nyonya Tua' selanjutnya bisa bangkit.

"Pertandingan perdana di Liga Champions ini akan sangat berguna bagi kami. Jika tampil bagus di Manchester, kami akan melupakan yang terjadi di liga," kata pemain yang sempat menjadi incaran sejumlah klub-klub top Eropa tersebut.

Satu pemain yang bakal disorot di laga nanti adalah Paul Pogba, yang menjadi harapan fans, selepas tim ditinggal Arturo Vidal, Andrea Pirlo, dan Carlos Tevez. Di lini tengah, dia diyakini akan terlibat pertarungan sengit dengan Yaya Toure.

"Pogba harus melakukan satu hal penting. Akan ada pertarungan fantastis antara dia dan Yaya Toure, yang juga tak tertandingi jika mengawali laga dengan baik," ujar Capello, sebagaimana dinukil dari Gazeta dello Sport.

"Tapi jika membicarakan Pogba, maka kita berbicara tentang pemuda yang memiliki potensi menjadi pemain super. Laga di Manchester akan menjadi ujian penting baginya, juga bagi Juve," sambung pelatih berusia 69 tahun tersebut.

Berikut jadwal Liga Champions Rabu 16 September 2015 dini hari WIB:

Paris Saint-Germain vs Malmo FF
Real Madrid vs Shakhtar Donetsk
Wolfsburg vs CSKA Moskow
PSV vs Manchester United
Galatasaray vs Atletico Madrid
Benfica vs Astana
Manchester City vs Juventus
Sevilla vs Borussia M'gladbach
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya