9 Menit 5 Gol: Pembuktian Si Raja Top Score Polandia

Pemain Bayern Munich, Robert Lewandowski
Sumber :
VIVA.co.id
Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?
- Pep Guardiola tampak menggaruk-garuk kepala pelontosnya melihat papan skor Allianz Arena dalam laga lanjutan Bundesliga hari Selasa kemarin, 22 September 2015 atau Rabu dini hari WIB. Ia melihat ke bangku cadangan mencari solusi.

Betah di Bayern Munich, Coman Enggan Pulang ke Juventus

Bayern Munich saat itu sedang tertinggal 0-1 dari Wolfsburg sampai jeda setelah sebelumnya kebobolan lebih dulu oleh Daniel Caligiuri pada menit ke-26. Sang pelatih pun tak puas melihat kinerja lini serangnya.
Sebab MU Gagal Boyong Renato Sanches


Trio Mario Goetze, Thomas Mueller, dan Douglas Costa tak mampu berbuat banyak hadapi lini pertahanan Wolfsburg yang solid. Guardiola pun melihat kehadiran Robert Lewandowski bisa menjadi solusi.

Keputusan tersebut terbukti ampuh. Lewandowski tampil sebagai super-sub , mungkin malahan super duper-sub . Bagaimana tidak, bomber Polandia itu membukukan lima gol saat masuk sebagai pemain pengganti di awal paruh kedua.

Baru di lapangan selama enam menit, Lewandowski berhasil membuka kran golnya dengan menyontek bola di bibir gawang Wolfsburg. Setelah itu tendangan kerasnya dari luar kotak penalti membuat skor berbalik jadi 2-1 di menit ke-53.

Tiga menit berselang, Lewi kembali berhasil menambah golnya setelah tendangannya sempat membentur tiang gawang. Di menit ke-57, giliran tendangan voli kaki kanannya yang membuat Bayern semakin dominan di kandang.


Tidak sampai di situ, Lewandowski kembali mencetak gol untuk melengkapi lima golnya lewat tendangan fantastis. Sebuah tendangan gunting sempurna yang menghujam gawang Wolfsburg buat skor jadi 5-1 sekaligus bikin Allianz Arena bergetar.


"Itu adalah malam yang luar biasa bagi saya. Saya memasuki lapangan untuk membantu tim. Saya membantu dan itu adalah yang terpenting bagi saya! Secara pribadi saya ingin berterima kasih kepada semua orang untuk ucapan selamat yang datang dari seluruh dunia,"
tulis Lewandowski via
Instagram.

"Kami bermain setiap tiga hari dan saya harus fokus pada pertandingan berikutnya sekarang! Sekali lagi, terima kasih untuk semua penggemar saya,"
katanya.


Lewandowski Menggila, Guardiola Terpana



Keberhasilan Lewandowski mencetak lima gol sebuah hal yang spesial. Tapi, hadirnya kelima gol tersebut hanya dalam rentan waktu sembilan menit saja itu bak hal yang mustahil. Nyaris setiap tendangan Lewi masuk ke gawang lawan.


Sejarah pun dibuat oleh mantan punggawa Borussia Dortmund tersebut. Lewandowki menjadi
pemain pengganti
pertama yang mencetak lima gol sepanjang sejarah Bundesliga, dan pemain ke-14 yang berhasil mencatatkan 5 gol di kompetisi kasta tertinggi Jerman itu.


Selain itu, Lewandowski juga menjadi pemain tercepat yang menceploskan lima gol dalam satu pertandingan. Menariknya, ini pertama kalinya Lewandowski melakukannya bersama Bayern.


Satu pria yang paling bahagia tentunya Guardiola. Keputusan memasukan pemain bernomor punggung 9 itu berbuah manis.


Selain tiga poin yang bikin Bayern tetap bertengger di puncak klasemen Bundesliga, sebuah tontonan fenomenal juga tersaji di depan matanya, karena ini pertama kali lagi Bundesliga dihadirkan lima gol dari satu pemain sejak Michael Toennies pada 1991.


Ketika gol kelima Lewi terjadi, Guardiola tampak tersenyum ke arah bangku cadangan Bayern. Setelah itu, memegang kepala botaknya dengan kedua kepala seakan tak percaya.


"Saya sangat senang untuk Roberto, untuk kepercayaan dirinya. Saya sungguh tak bisa mengerti, lima gol," ujar Guardiola pada
Guardian
.


"Baik sebagai pelatih atau pemain, saya tak pernah merasakan pengalaman seperti ini dan saya tak bisa menjelaskan itu. Mencetak lima gol melawan Wolfsburg tak pernah mudah," lanjut pemberi dua gelar juara Bundesliga untuk
Die Roten
tersebut.


Tak hanya kubu Bayern yang bertepuk tangan melihat aksi Lewandowski. Wolfsburg pun memberikan sinyal tak bisa melawan takdir bahwa malam tersebut adalah malamnya Lewandowski.


"Apa yang bisa saya katakan? Striker kelas dunia menembak lima kali ke arah gawang dan bisa mencetak banyak gol. Itu yang terjadi," komentar pelatih Wolfsburg, Dieter Hecking.


Performa Lewi tidak bisa dibilang angin-anginan. Pria 27 tahun ini selalu menunjukan performa apik bersama klub yang dibelanya. Predikat topscorer pun kerap diraihnya tiap akhir musim.


Siapakah Lewandowski? Si Raja Topscorer


Darah olahraga memang sudah mengalir dalam nadi pria yang lahir dan tumbuh besar di ibukota Polandia, Warsawa, pada 21 Agustus 1988 ini. Kedua orang tuanya memang seorang atlet.


Ayah Lewandowski, Krzystof, merupakan juara judo nasional di Polandoa. Selain itu, ayahnya juga bermain sepakbola untuk Hutnik Warszawa di divisi dua. Sedangkan sang ibu, Iwona, merupakan mantan pevoli untuk AZS Warszawa bahkan sempat tampil di tim nasional.


Tak heran performanya di lapangan hijau begitu gemilang sejak memulai karir profesional pada 2008 bersama klub divisi tiga Liga Polandia, Znicz Pruszkow. Gelar topscorer sekaligus tiket promosi berhasil dipersembahkan Lewi.


Pada musim kedua, performanya tetap terjaga dengan sekali lagi menjadi topscorer kali ini di level divisi dua Liga Polandia. Lewi pun menarik perhatian klub kasta tertinggi Liga Polandia, Lech Poznan.


Pada musim pertamanya, Lewandowski langsung menjadi pemain kedua tersubur. Sebelum mencetak 18 gol untuk merebut gelar topscorer sekaligue trofi juara Liga Polandia 2009-10.


Setelah itu, tak perlu dijelaskan lagi kesuksesan apa yang direbut Lewandowski usai memutuskan hijrah ke Bundesliga. Dua Bundesliga, satu DFB Pokal, DFL-Supercup, dan runner-up Liga Champions bersama Borussia Dortmund. Sebelum merebut trofi Bundesliga pertamanya dengan Bayern akhir musim kemarin.


Kini, Lewandowski kembali mempesona dengan aksinya mencetak lima gol dalam rentan waktu sembilan menit saja. Rekan-rekannya di Bayern pun bersyukur kini mereka satu tim.


"Dia salah satu penyerang terbaik di dunia, dan saya senang dia bermain di tim saya. Sulit untuk bertahan melawan dia. Hal bagus bisa bersaing dengan dia dalam latihan," ucap bek Bayern, Jerome Boateng, pada
Bild
.


"Setelah jeda babak pertama, seorang pemain datang dan melakukan sesuatu. Itu luar biasa. Itu gila," tambah kapten Die Bavarians, Philipp Lahm.


Performa menawan Lewandowski masih bisa menjadi andalan Bayern musim ini. Pasalnya, ia selalu menjadi pemain yang mampu mencetak gol lebih banyak di musim kedua bersama timnya.


Terbukti sudah delapan gol dalam lima laga dicetaknya musim ini, nyaris setengah (17) yang dicetaknya dalam 31 laga di Bundesliga kemarin.
Das ist groBartig, Roberto!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya