Pemerintah Resmi Luncurkan LinkAja

Peluncuran LinkAja di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA – Meski telah cukup banyak pilihan pembayaran non-tunai, namun dukungan terhadap fasilitas itu belum tersebar merata. Misalnya, saat membayar parkir, ada kartu elektronik yang diterima, ada yang tidak.

Cara Agar Saldo Tiket Transjakarta Tak Hilang Saat Kartunya Hilang

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah resmi meluncurkan layanan keuangan berbasis elektronik, LinkAja.

Layanan ini resmi diluncurkan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, Minggu 30 Juni 2019, di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. 

Naik LRT Jabodebek Bisa Pakai LinkAja di 18 Stasiun

Sebagai hasil dari sinergi berbagai produk keuangan elektronik BUMN, LinkAja memiliki misi untuk memberikan akses layanan keuangan nontunai, yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Hingga 2018, tercatat sekitar 76 persen transaksi di Indonesia masih didominasi oleh uang tunai.

"Sistem pembayaran digital ini dihubungkan dengan sistem perbankan bank negara. Yang sudah ada rekening di bank BUMN, dengan kartu debit dia bisa sambung," ujarnya.

Gubernur BI: Penggunaan Uang Elektronik 2023 Diprediksi Capai Rp 495 Triliun

LinkAja adalah hasil sinergi Telkomsel dan tujuh perusahaan BUMN, yakni BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN, Pertamina, Danareksa, dan Jiwasraya.

"Menurut kami, dua tantangan utama dalam meningkatkan inklusi keuangan, adalah kebiasaan masyarakat menggunakan uang tunai dan akses terhadap layanan keuangan yang masih terbatas," kata Chief Executive Officer LinkAja, Danu Wicaksana. 

Bank Mandiri mengenalkan e-money edisi khusus Nusantara

Tingkatkan Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Hadirkan e-money Edisi Khusus Nusantara

Bank Mandiri bersama dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengenalkan kartu uang elektronik atau e-money edisi khusus Nusantara dalam perhelatan Nusantara Fair 2024.

img_title
VIVA.co.id
27 Januari 2024