Tradisi Lebaran di Seluruh Dunia, hingga Menguak Asal-usul Ketupat

Ragam Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Lebaran Ketupat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

VIVA Lifestyle – Kanal Lifestyle VIVA.co.id, pada hari Sabtu, 22 April 2023, memiliki lima artikel dengan jumlah pembaca paling banyak. Lima artikel tersebut telah berhasil mencuri perhatian banyak warganet.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Empat dari lima artikel itu berkaitan dengan perayaan momen Idul Fitri atau lebaran. Lantas, artikel apa sajakah yang mendapat jumlah pembaca paling banyak tersebut?

Berikut deretan 5 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Sabtu, 22 April 2023:

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

1. Mengintip Tradisi Lebaran di Seluruh Dunia, Unik-unik Banget

Salat Idul Fitri 1444 H/2023 di Masjid Istiqlal Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Foe Peace Simbolon
Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Idul Fitri adalah salah satu hari raya besar di Indonesia bagi umat Muslim, dengan Idul yang berarti perayaan dan Fitri artinya suci dan berbuka. Kata itu berasal dari bahasa Arab dan mengacu pada dua sampai tiga perayaan hari setelah bulan puasa Ramadhan selama satu bulan.

Hari raya Idul Fitri atau Lebaran biasanya identik dengan memakai baju baru, makan makanan enak, bertukar hadiah, dan menghadiri pertemuan keluarga untuk bersilaturahmi, di mana seluruh keluarga bergembira sambil juga bersyukur kepada Allah atas nikmat-Nya. Baca selengkapnya klik di sini.

2. Sederet Ucapan Idul Fitri 2023 yang Penuh Makna dan Menyentuh Jiwa

Ilustrasi Idul Fitri.

Photo :
  • Idul Fitri

Seluruh umat Muslim pada hari ini Sabtu,22 April 2023 tengah merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri. Menyambut momen suka cita tersebut, tentu yang tak boleh ketinggalan dan harus dilakukan umat Muslim yaitu memberikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri pada sanak saudara, keluarga dekat, kerabat, maupun teman-teman.

Berbagai ucapan Hari Raya Idul Fitri biasanya sudah disebarkan saat malam takbir telah berkumandang.

Namun, bisa juga diucapkan saat bersilaturahmi maupun melalui pesan singkat saat hari H Idul Fitri berlangsung ke seluruh orang-orang terdekat dan terkasih. Baca selengkapnya klik di sini.

3. Identik dengan Lebaran, Bagaimana Asal-usul Ketupat?

sorot - Ketupat

Photo :
  • VIVA.co.id/Shintaloka Pradita Sicca

Perayaan Idul Fitri selalu diidentikan dengan kehadiran ketupat. Ya, ketupat menjadi hidangan wajib ada di meja makan.

Ketupat yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan daun kelapa ini akan dipadukan dengan rendang, opor hingga sayur daun pepaya. Tapi pernahkah kalian menyadari asal muasal dari ketupat lebaran?

Dilansir dari berbagai sumber berikut ini sejarah asal usul dari Ketupat. Ketupat pertama kali muncul di Tanah Jawa sejak abad ke-15, pada masa pemerintahan Kerajaan Demak. Baca selengkapnya klik di sini.

4. Tips Zaidul Akbar Tangkal COVID-19 Arcturus, Sederhana dan Mudah Banget!

Zaidul Akbar

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi kasus COVID-19 subvarian Omicron XBB.1.16 atau Arcturus semakin bertambah di Indonesia.

Laporan tersebut muncul menjelang Hari Raya Idul Fitri yang memicu kekhawatiran masyarakat luas sehingga butuh 'penangkal' yang tepat untuk menjaga imunitas.

Menurut pendakwah sekaligus dokter Zaidul Akbar, sejumlah cara sederhana dapat dilakukan agar tidak tertular virus varian baru itu.

Terlebih, cara ini sebenarnya dapat dilakukan dalam keseharian yang sebaiknya rutin sehingga imunitas semakin kuat dan mampu mencegah penularan virus tersebut. Baca selengkapnya klik di sini.

5. Sambut Lebaran, Intip Tradisi Unik di Berbagai Daerah Indonesia

Tradisi Muslim Bali, sambangi makam saat hari Lebaran

Photo :
  • VIVA/Ni Putu Muliantari

Idul Fitri 1444 H atau Lebaran tentu memberikan kegembiraan bagi yang merayakan. Setelah 30 hari lamanya berpuasa, umat Muslim dapat merayakan kemenangan setelah berhasil melawan hawa nafsu, lapar, dahaga.

Berbagai kegiatan dilakukan umat Muslim di hari Lebaran. Salah satu kegiatan yang umum dilakukan adalah bersilaturahmi ke sanak saudara dan makan bersama. Baca selengkapnya klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya