Kebangkitan Komik Nasional

Kebangkitan Komik Nasional
Sumber :
  • Dok.ist
VIVA.co.id
Berburu Komik dan Mainan di The Jakarta Toys and Comik Fair
- Nama re:ON Comics mungkin masih asing bagi anda para pencinta komik. Namun siapa sangka, re:ON Comics perlahan-lahan mulai dikenal oleh kalangan komunitasnya mulai dari pelajar hingga orang dewasa.

Line Gaet Komikus Berbakat Indonesia

re:ON Comics yang memperlihatkan kreativitas para pembuatnya asli dari Indonesia pelan-pelan menggeser kepopuleran komik produk dari Jepang seperti Doraemon, Detektif Conan, Naruto, Dragon Ball dan lainnya.
Ada Komik-Konko di Bekasi


Diperankan khusus oleh karakter para jagoan dan animasi Indonesia, re:ON Comics memperlihatkan kebangkitan komik dari dalam negeri.


"re:ON Comics memang selalu membawa semangat kebangkitan

komik Indonesia di tengah gempuran komik impor dan sejauh ini terus

mendapat dukungan dari berbagai pihak pencinta komik buatan Indonesia," kata Andik Prayogo pendiri re:ON Comics kepada
VIVA.co.id
, Selasa 11 Agustus 2015.


Demi memuluskan kebangkitan komik asli Indonesia itu, Andik pun melakukan 'jemput bola'. Para pelajar yang kesulitan mendapatkan waktu kosongnya untuk pergi ke toko buku pun ditawarkan mendatangi sebuah mobil re:ON Comics.


Andik pun mendatangi beberapa sekolah di Jakarta Pusat.

“Kami memang sengaja memberikan kejutan. Sebelumnya kami

memang pernah mengatakan akan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah melalui grup sosmed kami, namun soal nama sekolahnya masih dirahasiakan," ucap Andik.


Mobil khusus re:ON Comics menampilkan gambar yang didominasi wajah karakter maskot Reon yang imut dan ceria berbalut kostum merah dan putih. Menurut Andik, program baru ini memang sengaja dirancang re:ON Comics berdasarkan permintaan para Reonites atau sebutan bagi para penggemar kompilasi komik terbitan para komikus Indonesia ini. Selain itu, nantinya akan menjadi ajang edukasi kreatif yakni mempromosikan teknik pembuatan komik kepada para pelajar. Apalagi menurut Andik, belum lama ini Presiden Jokowi bahkan menekankan bahwa industri kreatif ke depannya merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.


Sekedar informasi, re:ON Comics yang hadir sejak pertengahan tahun 2013 dan kini sudah terbit hingga volume 15 itu selain berisi kompilasi komik dengan berbagai judul dan genre karya para komikus lokal juga memuat rubrik yang memberikan tips-tips khusus untuk membuat komik serta membuka kesempatan para komikus pemula untuk beradu kreatif mengirimkan karyanya ke re:ON Comics.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya