Lima Cara Cerdas Memilih Kosmetik yang Aman

Ilustrasi kosmetik
Sumber :
  • Pixabay/Annca

VIVA.co.id – Selain produk obat-obatan, salah satu produk yang rentan dipalsukan adalah kosmetik. Bahkan, beberapa bulan lalu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berhasil menggeledah dan menyegel distributor kosmetik ilegal memalsukan beberapa produk.

BPOM Bekuk Kosmetik Ilegal, Temukan Bahan Kimia Bahaya Picu Iritasi Kulit-Cacat Janin

Karena itu, BPOM melalui publikasi yang diterima VIVA.co.id, memberikan saran untuk memilih atau membeli kosmetik yang legal dan aman. Dan berikut ini lima cara cerdas memilih kosmetik menurut BPOM, yakni:

Kemasan

BPOM Amankan 7150 Kosmetik Ilegal Tanpa Izin Edar dan Bahan Berbahaya

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli kosmetik adalah mengenali kemasan kosmetik dengan baik dan hindari membeli kosmetik dengan kemasan yang sudah rusak atau jelek. Sebab, produk yang masih baik, biasanya mempunyai bentuk dan warna yang merata.

Penandaan

Ratusan Kosmetik Ilegal di Sulawesi Selatan Disita BBPOM

Selain itu, pastikan informasi dan penandaan yang tercantum di label jelas dan lengkap. Sebab, setiap kosmetik wajib mencantumkan nama produk, kode produksi, nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi, serta nama dan negara produsen untuk kosmetik impor.

Di samping itu, netto atau berat bersih, komposisi, tanggal kedaluarsa, kegunaan dan cara penggunaan dalam bahasa Indonesia.

Komposisi

Kenali jenis kulit dan rambut serta bahan yang sesuai. Untuk itu, perhatikan komposisi bahan yang tercantum dalam kosmetik. Hindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi bagi pemilik riwayat alergi, iritasi dan sensitif terhadap kulit.

Kegunaan

Pilihlah kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menggunakannya. Baca terlebih dahulu kegunaan dan cara penggunaan kosmetik seperti yang tercantum pada label.

Kedaluarsa

Perhatikan batas kedaluarsa suatu kosmetik. Telitilah waktu kedaluarsa sebelum membeli kosmetik agar produk yang digunakan tidak merusak kulit Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya