Bisakah Lemon Mengatasi Jerawat?

Jerawat sering dialami oleh wanita.
Sumber :
  • doctoroz

VIVA.co.id – Jerawat telah menjadi biang masalah bagi banyak orang. Tidak hanya di wajah, jerawat bisa muncul di mana saja termasuk bagian tubuh lain. Untuk mengatasi hal ini, salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan adalah lemon.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Dilansir dari laman Boldsky, air lemon mengandung asam sitrat yang bertindak sebagai senyawa astringen, yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi, membersihkan kotoran dari pori-pori wajah dan mengurangi produksi minyak di kulit.

Namun bagi kulit kering, menggunakan lemon dapat membuat kulit menjadi mengelupas. Sementara bagi kulit yang memiliki pigmen, menggunakan lemon dengan kandungan astringen yang sangat kuat dapat meninggalkan noda gelap.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Sementara penerapan lemon secara langsung dapat menyebabkan kulit menjadi terasa perih. Karena itu, ada bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya. Berikut ini cara menggunakan lemon untuk kesehatan kulit wajah.

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun lembut lalu bilas dengan air hangat. Keringkan dengan handuk lembut.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

2. Usap lemon dengan telapak tangan terlebih dahulu sekitar satu menit sebelum dibelah dua. Peras airnya ke dalam sebuah wadah.

3. Jika Anda memiliki kulit kering, tambahkan satu sendok susu segar dan 1/2 sendok teh madu. Aduk rata dengan garpu.

4. Celupkan kapas ke dalam campuran tadi. Peras pelan lalu tekan pada area wajah yang berjerawat. Rasa perih saat pengaplikasian ramuan ini adalah normal. Setelah baunya menjadi keras, bilas dengan air bersih.

5. Biarkan ramuan menyerap pada kulit 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk. Lakukan cara ini dua kali sehari agar jerawat lebih cepat menghilang.

6. Jika ingin menambahkan toner, tambahkan beberapa tetes air mawar pada kapas dan aplikasikan ke wajah yang berjerawat. Biarkan ramuan meresap secara alami pada kulit. Air mawar memiliki zat antibakteri yang berfungsi untuk melembutkan dan menyegarkan kulit.

Perlu Anda ingat, ramuan ini efektif untuk jerawat ringan. Jika jerawat sudah terlalu parah, segera hubungi ahli kulit (dermatolog).

Lemon dan madu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya