5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Ilustrasi wanita/marah/stres.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

JAKARTA – Stres merupakan bagian tak terelakkan dalam hidup. Namun, tahukah Anda bahwa stres dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit? Berikut beberapa efeknya.

Denny Sumargo Gak Setuju Soal Ejekan Aura Magrib, Fuji: Aku Tahu Aku Cantik

1. Mempercepat Penuaan Dini
Stres meningkatkan produksi hormon kortisol, yang dapat memecah kolagen dan elastin, protein yang menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Hal ini dapat menyebabkan munculnya garis halus, kerutan, dan kulit kendur. Apa lagi dampaknya? Yuk, scroll untuk tahu lebih jauh.

2. Memperparah Jerawat
Stres dapat memicu produksi hormon androgen, yang dapat meningkatkan produksi minyak dan menyumbat pori-pori, sehingga memicu jerawat.

Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

3. Melemahkan Pertahanan Kulit
Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kulit menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan masalah kulit lainnya seperti eksim dan psoriasis.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

4. Memperlambat Proses Pemulihan Kulit
Stres dapat memperlambat proses pemulihan kulit, sehingga luka, bekas jerawat, dan bekas luka lainnya membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

5. Menyebabkan Kulit Kusam dan Berwarna Gelap
Stres dapat mengganggu aliran darah ke kulit, sehingga kulit terlihat kusam dan tidak bercahaya. Selain itu, stres dapat meningkatkan produksi melanin, pigmen yang menyebabkan kulit berwarna gelap.

Pemakaian skincare secara rutin bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah-masalah kulit di atas. Termasuk, Luzenti Skincare, rangkaian produk yang diklaim tidak hanya merawat dan mencerahkan kulit saja, tetapi juga memiliki keunggulan tambahan yaitu berfungsi sebagai adaptogen. Apa itu?

“Adaptogen merupakan agen penting yang membantu tubuh manusia beradaptasi dengan stres dan ini merupakan terobosan pertama di dalam produk perawatan kulit di Indonesia," ujar Fauzan Nurrahman, Direktur sekaligus Head of Business Development Luzenti Skincare, saat soft launching di Jakarta, baru-baru ini. 

Ada dua produk yang diperkenalkan. Pertama, Luzenti Comfort Care Cleansing Balm yaitu adaptogenic cleansing balm yang dapat membantu kulit meningkatkan resistensi kulit terhadap faktor-faktor penyebab stres, menyeimbangkan kelembapan kulit dan mampu menangkal efek dari polusi dan radikal bebas. 

Kedua, Luzenti Azzure Glow Essence in Serum, adalah serum berbentuk milky bi-phase liquid yang mengandung ashwagandha yang terkenal dengan kelebihannya sebagai antioksidan yang mampu menahan radikal bebas dan mengurangi efek tanda penuaan kulit. 

"Luzenti sebagai adaptogenic skincare ini dapat menjadi solusi efektif bagi masyarakat yang serba cepat dan dinamis, untuk tetap dapat mengoptimalkan tampilan dan kesehatan kulitnya sepanjang masa," sambung Kurnia Nurdiati selaku Chief of Operational Officer PT. Denia Berkah Sejahtera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya