Jual Kaus Kaki Mirip Lafal Allah, H&M Dikecam

Toko retail H&M
Sumber :
  • Reuters/Regis Duvignau

VIVA – Setelah mendapat kecaman karena produk hoodie bernuansa rasis, H&M kembali membuat marah publik karena produk kaus kaki anak yang dijualnya. Retail fesyen asal Swedia itu diminta menarik kaus kaki tersebut dari peredaran.

Gubernur BI Mengaku Renungi Pesan Allah dari COVID-19, Ini Hasilnya

Itu karena kaus kaki dengan motif bergambar patung Lego sedang mengebor tersebut menyerupai kata Allah yang ditulis dalam bahasa Arab. Setelah menimbulkan kemarahan publik, H&M langsung menarik produk itu dari tokonya.

Dikutip dari Independent, Selasa, 30 Januari 2018, retail tersebut meminta maaf karena menyebabkan kemarahan sejumlah pihak. Mereka juga mengatakan bahwa motif dalam kaus kaki itu bukan suatu hal yang disengaja alias kebetulan.

Kisah Bule Putuskan Mualaf karena Sering Alami Kejadian Menyeramkan

“Motif pada kaus kaki ini merupakan figur Lego, makna lainnya yang timbul sepenuhnya adalah kebetulan dan kami mohon maaf jika motif itu telah menyinggung siapa pun,” kata juru bicara H&M, Petra Buchinger.

Kaus kaki yang dianggap mirip lafal Allah

Mintalah Apapun kepada Allah, Jangan Takut dan Khawatir

Sebelumnya, ritel fesyen ini juga memancing kemarahan publik lantaran hoodie berwarna hijau dengan tulisan Monkey Cool in the Jungle dikenakan model anak berkulit hitam. Banyak reaksi yang muncul dari sejumlah kalangan termasuk kalangan selebriti berkulit gelap, seperti The Weeknd dan rapper Diddy, serta model Amerika meminta untuk memboikot perusahaan tersebut.

“H&M membuktikan kepada dunia bahwa mereka rasis," tulis Sir Maejor, seorang model dan aktivis Amerika dalam cuitannya beberapa waktu lalu. (ase)

Viral siswi SMA di Konawe baku hantam

Viral Siswi SMA di Konawe Baku Hantam Gara-gara Dibully Bau Kaus Kaki

Viral di media sosial dua pelajar perempuan di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) baku jotos di luar sekolah. Mereka saling bully terkait bau kaus kaki.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2023