Cantik dalam 5 Menit, Tips Make Up Harian Praktis

Ilustrasi rias wajah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA –  Tampil cantik tentu menjadi keinginan setiap wanita. Maka tak heran, aplikasi make up sudah menjadi rutinitas harian banyak wanita.

Begini Cara Pakai Eyeliner untuk Si Mata Sipit, Ternyata Simpel

Tapi tidak jarang wanita luput ber-make up karena keterbatasan waktu. Sebenarnya untuk mengaplikasikan riasan simpel tidak memerlukan banyak waktu. Asalkan, wanita sudah tahu trik-nya dan dibantu dengan alat make up yang tepat.

Jemmy Lolowang, Make Up Consulatant Martha Tilaar, berbagi tips kepada VIVA saat ditemui di kantor Martha Tilaar pada Senin 19 Februari 2018. "Daily make up itu kan tidak membutuhkan waktu lama, cukup antara 5 hingga 10 menit. Wanita bisa mengaplikasikan foundation sesuai warna kulit setelah itu menggunakan bedak tabur, pensil alis, eyeshadow, maskara, blush on dan lipstik," ujarnya.

Murah dan Bagus, 5 Produk Make Up Rekomendasi Beauty Influencer

Jemmy menyarankan eyeshadow untuk kegiatan sehari-hari bisa memilih warna peach atau cokelat. Kedua warna tersebut dinilai sesuai dengan kulit wanita Indonesia yang umumnya sawo matang.

Ilustrasi produk kosmetik.

Wanita yang Pakai Make Up untuk Bekerja, Digaji Lebih Tinggi

Berbagai pilihan warna dan tekstur make up.

Ketika ditanya soal warna make up yang tidak disarankan untuk every day look, Jemmy menjawab "Untuk sehari-hari hindari penggunaan warna pearly, kalau ada acara-acara tertentu bisa pakai warna pearly," sambung dia. Warna pearly yang dimaksud adalah warna dan tekstur make up yang berkilau serupa mutiara.

Selanjutnya untuk pengaplikasian blush on, Anda yang memiliki warna kulit putih atau kuning langsat bisa menggunakan warna pink. Sedangkan pemilik kulit sawo matang akan terlihat segar dengan blush on berwarna peach.

Nah, kini untuk bagian wajah yang tak pernah luput dari pulasan make up, yakni bibir. Jemmy berujar, "Kalau untuk lipstik sekarang enggak terlalu ngebentuk, kalau sekarang lebih ombre (gradasi) warnanya. Setelah itu baru dikasih gloss. Tapi, kembali ke selera, mau pilih warna matte atau gloss."

Lipstik dengan ekstrak wine

Lipstik nuansa pink atau peach cocok untuk gaya natural semua warna kulit.

Tak bisa dimungkiri, alis adalah bagian yang paling tricky untuk banyak wanita. Tak mudah, lho, membentuk kedua alis secara simetris dalam waktu terbatas. Bagi salah satu bagian wajah yang membutuhkan waktu lebih lama ini, Jemmy menyarankan untuk 'mengisi' bagian yang kosong pada alis dengan eyeshadow cokelat dibanding menggunakan pensil alis.

"Bikin alis memang make up enggak gampang apalagi bagi yang jarang make up. Alis juga kan menunjukkan karakter, ada yang suka tebal atau tipis. Kalau misalnya ingin tampilan natural saja, isi atau bingkai alis menggunakan eyeshadow cokelat yang matte. Kita pulas saja, itu lebih natural dibanding pakai pensil yang pigmanted dan lebih statement," jelas Jemmy.

Jadi, tidak ada alasan lagi luput memakai make up karena tidak punya waktu, ya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya