Tips Cantik Aplikasikan Foundation Sesuai Jenis Kulit

Ilustrasi foundation atau alas bedak
Sumber :
  • Pixabay/Elen_gil

VIVA – Mengaplikasikan foundation memiliki peran penting sebagai dasar make-up di wajah. Namun, pemakaian foundation ternyata ada aturannya. Dan, yang terpenting, saat menggunakan kosmetik ini, harus disesuaikan dengan teknik yang tepat berdasarkan tipe kulit wajah.

Tampil Cantik di Hari Kasih Sayang, Ini 4 Trik Tepat Pilih Foundation

Berikut teknik mengaplikasikan foundation berdasarkan tipe-tipe kulit dikutip dari laman Reader's Digest.

1. Kulit kering

5 Mitos Seputar Pemakaian Make-up, yang Bikin Orang Salah Penafsiran

Karena kulit kering memiliki tekstur yang tidak merata, pemakaian foundation atau concealer dengan jari dapat membuatnya nampak pecah-pecah. Ditambah, itu akan sulit diserap oleh kulit, sehingga tampilan akan nampak tidak alami.

Untuk itu, aplikasikan foundation dengan spons atau beauty blender ke wajah. Pastikan agar spons yang dikenakan dalam keadaan basah, agar mendapatkan tampilan yang lebih halus dan merata.

Kim Kardashian Luncurkan Produk Foundation untuk Badan

2. Kulit berminyak

Membuat foundation menetap di wajah adalah hal yang sangat penting, maka pemakaiannya sangat berperan besar pada kulit wajah berminyak. Disarankan, agar pemakaian foundation dengan pola berputar menggunakan stipple brush, untuk menghasilkam tampilan wajah matte di kulit berminyak.

Ingat, jangan menggunakannya dengan terlalu banyak penekanan untuk mencegah tampilan yang nampak pecah-pecah. Pada area yang berminyak, bisa ditambahkan bedak tabur untuk menghilangkan efek wajah mengkilap.

3. Kulit sensitif berjerawat

Gunakan jari untuk membuat foundation menutupi jerawat yang timbul di wajah, serta membuat foundation nampak menyatu. Tapi jangan lupa, cuci tangan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan foundation agar mencegah bakteri menempel di kulit.

4. Kulit merah

Untuk menutupi kemerahan di seluruh wajah, gunakan foundation dengan flat-top kabuki brushes. Bulu brush tipe ini menyerap foundation secara minimal, yang artinya lebih banyak foundation yang menempel di wajah. Aplikasikan dengan pola memutar untuk menghasilkan tampilan yang alami.

5. Pori besar

Rounded buffing brush cocok untuk aplikasikan foundation di kulit wajah berpori besar. Bulu brush ini membuat foundation menempel secara ringan di kulit, jadi tidak membuat pori-pori tertutupi secara menyeluruh. Aplikasikan brush dengan pola memutar untuk tampilan kulit lebih halus.

6. Kulit normal

Untuk tampilan yang alami, flat foundation brushes dibutuhkan oleh kulit normal. Bulunya memiliki area yang lebar yang membuat foundation dengan mudah menyebar tanpa menghabiskan jumlah yang banyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya