Gaya Anak Hits Ibu Kota, Sneakers Puluhan Juta Dibilang Murah

Outfit yang dikenakan salah satu pengunjung Urban Sneaker Society seharga mobil.
Sumber :

VIVA – Pernah dengar istilah hypebeast? Tagar #hypebeast sering muncul pada OOTD terutama yang bergaya streetwear. Kalau menilik Urban Dictionary, hypebeast mengacu pada anak muda yang mengoleksi pakaian, sepatu, dan aksesori untuk terlihat stylish. Mereka terobsesi dengan segala sesuatu yang kekinian, terutama untuk penampilan. Seiring dengan tren active wear, maka para penganut hypebeast juga makin bertambah. Salah satu ciri hypebeast, tergila-gila dengan sneakers. Demi tampil gaya, mereka rela berburu sneakers brand ternama yang eksklusif.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Berbagai event pun digelar untuk pecinta sneakers dan streetwear, salah satunya Urban Sneaker Society 2.0. Berkaitan dengan event itu, beredar video yang belakangan menjadi viral. Dari hasil penelusuran Viva, video diunggah pertama kali di youtube tahun 2017 oleh MCDY. Video itu kemudian di-posting ulang oleh pemilik akun Facebook Aak Prast.

Dalam video itu, Yoshiolo dan seorang temannya datang ke event tersebut untuk mewawancarai beberapa pengunjung. Orang yang terpilih akan ditanyakan harga produk fesyen yang mereka kenakan dari atas kepala hingga ujung kaki. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Semua anak muda yang diwawancarai Yoshiolo ternyata mengenakan outfit berharga mahal. Padahal jika diperhatikan, gaya mereka seperti anak muda pria pada umumnya, tampil kasual dengan T-shirt, sweatshirt dan sneakers.

PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Gegara Pakai Sepatu Adidas Samba, Ada Apa?

Rupanya outfit yang mereka kenakan berasal dari brand ternama, yang rata-rata tidak dijual di Indonesia. Salah satu pengunjung, Chris membeberkan outfit yang dikenakannya. Hoodie dari Supreme dibelinya seharga 7,5 juta di luar negeri. Di Indonesia ternyata harga reseller lebih mahal, sekitar 9 jutaan. Ia juga memakai jam tangan dari brand eksklusif, TAG Heuer Formula 1 seharga 14 juta. Ada yang unik dari sneakers Adidas Human Species yang dikenakanya. Dulu, Chris membelinya seharga 9,5 juta tapi sekarang harganya sudah mencapai 14 juta.  

Ada pula Falan Ruslan yang bergaya hipster. Ia cukup detail mengurai harga outfit-nya. Dimulai dari topi seharga 700 ribu dari Urban Store, Bape T-shirt yang dibeli di Hongkong seharga 2,5 juta. Ia melengkapi penampilannya dengan jam tangan G-Shock seharga 4,5 juta dan 'celana biasa' dari H&M yang 'hanya' 700 ribu.

Dari Suede Hingga OldSkool, Tingkatkan Gaya dengan Lima Pilihan Sneakers Paling Trendy Saat Ini

Rupanya sneakers Falan yang paling mencuri perhatian. Sang presenter mengenali tipenya Air Yeezy 2 Nrg, yang merupakan signature shoe dari rapper dan desainer Kanye West. "Ini gue beli termasuk dengan harga oke, steal deal bisa dibilang, gue dapet 28 juta," kata Falan. Wow, dengan kata lain harga sneakers 28 juta untuk tipe itu termasuk murah.

Yeezy memang menjadi salah satu brand favorit para hypebeast. Yeezy yang diluncurkan oleh Kanye West berkolaborasi dengan Adidas dikenal dengan sneakers berharga mahal dalam edisi terbatas. Tak heran, brand ini sering menjadi buruan.

Sneakers Yeezy juga dipilih oleh Georgio untuk melengkapi gayanya. Ia memakai tipe Adidas Yeezy Boost 750 "Glow in the Dark", yang masuk dalam daftar sneakers termahal di dunia tahun 2016. Meski harga resmi sneakers tersebut sekitar US$ 350, tapi di pasaran harganya bisa mencapai US$ 1.200 atau sekitar 16 jutaan. Tak cuma itu outfit mewah yang dikenakannya. Ia memakai celana Oro Los Angeles seharga US$ 200, dan yang paling fantastis adalah harga jam tangannya. Hublot King Power seharga US$ 23 ribu atau sekitar 311 juta melingkar di pergelangan tangan Georgio. Jika ditotal, outfit Georgio pada hari itu seharga sebuah mobil mewah.

Yoshiolo, Falan, dan Georgio hanya segelintir kecil dari hypebeast yang datang ke event tersebut. Mereka tidak ragu untuk menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk penampilan. Berawal dari ketertarikan terhadap fashion, bisa jadi yang dilakukan mereka merupakan bentuk investasi. Produk fesyen seperti sneakers yang tipenya langka, bisa jadi harganya semakin tinggi di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya