Tips Pilih Catokan yang Gak Gampang Bikin Rambut Rusak

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menata rambut tak melulu harus ke salon, salah satu yang sering jadi andalan wanita saat menata rambut salah catokan.

5 Tips Luruskan Rambut Pakai Catokan, Dijamin Kayak Abis dari Salon

Alat styling pelurus rambut ini cukup populer karena cepat dan mudah digunakan. Bentuknya mirip lempengan rata menyerupai setrika dan umumnya terbuat dari alumumium, tourmaline, hingga keramik yang mengantarkan panas.

Meski mudah digunakan namun memilih catokan rambut tak bisa asal. Pemilihan material catokan biasanya menjadi pertimbangan, karena catokan dengan kualitas buruk justru akan merusak rambut jika digunakan terlalu sering dalam jangka panjang. 

Keramas Air Hangat dan Pakai Catokan Picu Rambut Rontok

Brand Manager alat penata rambut TUFT Singapura, Sannie Wong menyarankan agar wanita bisa memilih alat yang tepat untuk menata rambut sehari-hari. 

Salah satunya adalah yang dapat melepaskan ion negatif ketika dipanaskan. "Catokan yang melepaskan ion negatif ketika dipanaskan, akan melindungi rambut pemakai dari kerusakan, di sisi lain catokan jenis ini bisa mempertahankan keseimbangan dan kelembapan rambut," ujarnya lewat rilis yang diterima VIVA Jumat 9 Agustus 2019.

Tak Sekadar Meluruskan, Tiga Fungsi Tersembunyi Catokan Rambut

Lebih lanjut, ia menambahkan jika ingin memilih catokan usahakan catokan tersebut dilengkapi fast heating.

"Cari catokan yang dilengkapi dengan fast heating dan berbahan ceramic plate, karena dapat mengubah tingkat panas dalam waktu yang singkat," ujarnya.
 
Catokan yang baik juga bisa memudahkan penggunanya saat menata rambut, misalnya seperti bobot yang ringan dan mudah dibawa. "Selain bobot yang ringan dan kompak, ada baiknya memilih catokan yang mempunyai desain yang unik, memiliki analog temperature setting yang bisa diatur hingga 220 derajat celsius." 

Tak hanya itu, Sannie menyarankan untuk menggunakan Tuft Professional Catokan Curly Bar yang dirancang untuk dapat menata dua rambut yang berbeda yaitu keriting dan rambut Lurus Alami.

"Tuft Professional Catokan Curly Bar telah diluncurkan secara eksklusif di Tuft Official Store Tokopedia tanggal 22 Juli 2019." (tsy)

Catokan rambut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya