Jangan Asal, Ini Cara Tepat Pilih Foundation Sesuai Tone Kulit

Ilustrasi foundation dan kuas
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Foundation atau alas bedak kerap menjadi pilihan utama untuk memberi riasan yang menarik dan menawan. Meski begitu, tak sedikit yang melakukan kesalahan saat memakai foundation, mulai dari pemilihan yang tak tepat hingga tehnik pulasan yang salah.

Kolaborasi Kemenkes dan Bakrie Center Foundation Tingkatkan Wawasan Perihal TBC kepada Masyarakat

 Dikatakan Product Manager Shu Uemura, Alamanda Ardisia Wulandari, kesalahan umum yang biasa dilakukan pada saat pengaplikasian foundation adalah mengaplikasikannya terlalu banyak dan tidak bagian per bagian pada wajah. Foundation pada umumnya memiliki formula yang buildable jadi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Lantas, bagaimana cara tepat mengaplikasikannya?

"Sebaiknya digunakan sedikit demi sedikit kemudian ditambahkan untuk hasil yang lebih merata, baiknya digunakan bagian per bagian pada wajah. Dimulai dari bagian paling sulit terlebih dahulu seperti pada area cuping hidung, kemudian diratakan pada bagian area wajah lain satu per satu bagian seperti dahi dan pipi," ujar Alamanda, dalam keterangan persnya.

Aninditha Bakrie Ajak Kolaborasi di Open House Yayasan Bakrie Demi Kemajuan Indonesia

Untuk hasil aplikasi foundation yang merata sempurna dan praktis, gunakan brush Shu Uemura Petal 55 yang ikonik dengan 189,000 bulu sintetis dan pegangan yang mudah digenggam. Adapun Shu Uemura, cutting-edge makeup artistry brand from Japan, kini memperluas jangkauannya di Indonesia dengan menghadirkan online flagship store pertamanya di Lazada.

“Melalui peluncuran online flagship store Shu Uemura di Lazada, tidak hanya produk kecantikan, shades, aksesoris dan make-up artistry, kami juga ingin memberikan pengalaman belanja online yang berkesan dan eksklusif,” kata Caroline Foo, General Manager Luxe Indonesia, L’Oréal Indonesia.

Ayu Ting Ting Jadi Sorotan Gara-gara Ketiak

Selain tehnik aplikasinya, pemilihan tone foundation juga harus disesuaikan dengan cara tepat. Shu Uemura hadir di Indonesia dengan 24 pilihan warna, dan hadir di Lazada dengan 15 warna pilihan favorit wanita Indonesia. Shu Uemura sendiri memiliki cara unik dalam menentukan warna foundation yang tepat bagi kulit.

Karena diciptakan dan terinspirasi dari warna kulit di Asia, Shu Uemura memiliki system yang disebut HVC (Hue-Value-Chroma) -yang akan tercermin dalam penamaan warna foundationnya yang terdiri dari 3 angka. Berikut langkahnya:

HUE

Adalah warna tinta atau shade, atau yang pada istilah kecantikan sering disebut sebagai undertone atau warna dasar kulit. Pada kulit, warna dasar dapat diidentifikasi sebagai kekuningan/kuning langsat, ke arah merah jambu/rosy, dan juga netral. Bagaimana cara menentukan undertone kulit kita?

"Cukup mudah caranya. Hanya dengan melihat warna urat nadi di tangan," kata Alamanda.

Jika urat nadi berwarna hijau, tandanya warna dasar kulit adalah kekuningan. Jika urat nadi berwarna ke-unguan, maka warna dasar kulit adalah kea rah merah jambu. Dan jika berwarna biru ataupun ada keduanya, maka disimpulkan warna dasar kulit adalah netral.

Jika urat nadi tidak nampak, cara paling mudah adalah apakah kulitmu mudah terbakar di bawah matahari? Jika terbakar dan kulit menjadi kemerahan, maka kulitmu warna dasarnya rosy dan jika kulitmu menggelap atau menjadi tan, maka warna dasarmu adalah kuning.

 Di Shu Uemura, netral dinyatakan dengan angka 5, semakin kulit kekuningan, maka angka akan semakin besar (6 & 7), dan jika kulit semakin merah jambu, maka angka akan semakin kecil (4 & 3)

 VALUE

Adalah menentukan gelap dan terang pada kulit. Menggunakan prinsip angka yang sama seperti pada HUE, kegelapan yang medium dinyatakan dengan angka 5, semakin terang atau cerah kulit, maka angkanya akan semakin besar (6, 7 & 8), dan semakin gelap kulit, maka angkanya akan semakin kecil (4 & 3).

 CHROMA

 Adalah menentukan derajat intensitas warna atau sering disebut vivid. Untuk pantulan netral digunakan angka 4, semakin turun intensitasnya maka angkanya semakin kecil (3) dan semakin naik intensitasnya, maka angkanya semakin besar (5).

"Saat ini konsultasi paling banyak terkait dengan makeup adalah untuk menentukan warna dasar kulit untuk memilih warna foundation yang tepat serta jenis foundation yang cocok untuk type kulit konsumen, baik itu kulit kering, berminyak maupun kulit kombinasi. E-makeup artist kami siap untuk melayani dan menjawab pertanyaan anda dengan sepenuh hati tanpa ada batas waktu," tutur Alamanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya