4 Manfaat Niacinamide, Samarkan Noda Hitam hingga Cegah Kanker

Ilustrasi wanita/skincare/perawatan kulit.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Niacinamide atau niacinamida merupakan satu bentuk vitamin B3. Jenis vitamin ini juga sering dikenal dengan sebutan niasin. Niacinamida atau niasin kini sangat mudah ditemukan pada berbagai jenis skincare.

Studi Terbaru Mengungkap 5 Skincare Terbaik Buatan Lokal di Indonesia

Pasalnya, ada banyak manfaat dari niacinamide yang dinilai ampuh mempercantik kulit. Berikut beberapa manfaat dari niacinamide, yang dipaparkan oleh dokter kecantikan dari In Perfection Clinic, Inne Anastasia.

1. Melembapkan kulit

Mirip Karakternya, Intip Rahasia Kulit Kalem Afgan

Ilustrasi wanita/skincare/perawatan kulit.

Photo :
  • Freepik/benzolx

"Manfaat niacinamide yang paling kentara adalah efeknya dalam melembapkan dan menghaluskan kulit. Ketika dioleskan, produk kecantikan yang mengandung niacinamida, dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit," ujar dokter Inne saat peluncuran rangkaian produk IN Perfection Skincare di IN Perfection Aesthetic Clinic, baru-baru ini.

Banyak yang Minat Jadi Beautypreneur, Industri Kecantikan Nasional Makin Berkembang

2. Mengatasi jerawat

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/benzolx

Manfaat niacinamide juga bisa didapat oleh kamu yang memiliki masalah dengan jerawat.  Selain itu, jenis vitamin B3 ini juga dapat membantu mengatasi eksim dan rosacea.

"Rosacea itu sendiri adalah penyakit kulit umum yang menyebabkan wajah dan hidung jadi kemerahan," terang dia.

3. Menyamarkan noda hitam

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/senivpetro

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan 5 persen niacinamida dapat membantu mencerahkan kulit. Hal ini karena niacinamida mampu merangsang produksi kolagen kulit, sehingga noda hitam bekas jerawat jadi tersamarkan.

"Namun ingat, hasilnya tidak instan, ya. Manfaat niacinamide ini biasanya akan terlihat setelah Anda rutin menggunakan produknya minimal 4 minggu," ungkapnya.

4. Mencegah kanker kulit melanoma

Ilustrasi wanita/merawat kulit/skincare.

Photo :
  • Freepik/freepik

Menurut Inne, niacinamida yang berbentuk suplemen terbukti dapat mempercepat perbaikan DNA kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. Atas dasar itulah, para pakar kesehatan berhasil membuktikan bahwa niacinamida ampuh mencegah kanker kulit melanoma.

"Kandungan niacinamide juga terdapat pada produk IN Perfection Renewal Cream dan Daily Shield UV Cream Gel. Selain itu, IN Perfection Renewal Cream juga mengandung Hexylresorsinol dan Ascorbyl Glucoside (vitamin C), yang dapat membantu menjaga kelembapan dan mencerahkan kulit, sehingga tampak lebih sehat," tutur dr. Inne Anastasia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya