44 Finalis Puteri Indonesia Kompak Berbusana Muslim, Anggun Banget!

Finalis Puteri Indonesia di Road to JMFW 2023.
Sumber :
  • Ist.

VIVA – Mengusung tema Glowing with JMFW 2023, Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu menggelar Road to Jakarta Moslem Fashion Week (JMFW). Bersama dengan 44 finalis Puteri Indonesia, acara ini diadakan di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, pada Minggu 22 Mei 2022, lalu.

Kenang Ibunda Mooryati Soedibyo, Putri: Beliau Mengajarkan Kami dengan Contoh

Kegiatan yang diadakan bersamaan dengan rangkaian kegiatan Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2022 ini dibuka dengan parade penampilan 44 finalis Puteri Indonesia 2022, dengan menggunakan busana muslim hasil karya desainer lokal yang dipercantik dengan riasan kosmetik Beauty Queen Series Mustika Ratu dan dilanjutkan dengan talkshow Glowing Road to JMFW 2023. 

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, Glowing Road to JMFW 2023 merupakan koordinasi nyata yang inklusif lintas sektor bersama Yayasan Puteri Indonesia, Mustika Ratu, Kemendag dan Kadin dalam memajukan fasyen muslim dan kosmetik halal Indonesia. 

Pernah Jadi Puteri Indonesia, Angelina Sondakh Ungkap Kenangan dengan Mooryati Soedibyo

"Kadin berkomitmen untuk memfasilitasi pelaku industri halal termasuk UMKM untuk menyesuaikan diri menuju ekosistem digital untuk memperluas akses ke pasar global melalui digital teknologi," ujar Arsjad dalam keterangannya, Rabu 25 Mei 2022. 

Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

Road to JMFW 2023 dapat menjadi strategi dan promosi bagi industri fesyen muslim baik pada tingkat lokal dan dunia yang tentunya akan mempercepat pemulihan ekonomi setelah pandemi.

Anggota Dewan Pertimbangan Persiden (Watimpres) yang juga Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani sangat mengapresiasi Road to JMW 2023 bersama Puteri Indonesia 2022. Kegiatan ini juga merupakan side event dari G20 yang ditunjukkan untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui industri fesyen dan produk halal.

“Saya berharap melalui kegiatan ini menjadi momentum bagi seluruh stakeholder pada sektor industri halal untuk membenahi diri, memperbaiki kualitas produk dan terus menyesuaikan, sehingga dapat turut ambil bagian dan langkah strategis untuk mewujudkan industrinya sebagai pusat produsen halal dunia di tahun 2024," kata dia.

Staf Ahli Menteri Bidang Perdagangan Jasa-Kementerian Perdangan, Frida Adiati mengungkapkan, sinergi yang kuat antara industri fesyen muslim dan kosmetika nasional berkontribusi besar dalam mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi negara produsen produk halal terbesar dunia.

"Kami menyadari upaya membangun ekosistem fesyen muslim secara serius dan berkelanjutan akan memberikan efek domino bagi industri penunjang dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Selain itu, juga dapat mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia tahun 2024. JMFW hadir  tidak hanya mempromosikan produk fesyen, tapi juga mengangkat potensi produk kosmetik Indonesia,” tuturnya.

Frida optimis Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim yang besar dapat menangkap peluang, sehingga dapat menguasai pasar produk halal global. Hal itu juga mengingat tren permintaan produk halal saat ini semakin meningkat.

Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Miftah Farid menambahkan, sebagaimana komitmen kita bersama untuk mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia, maka banyak hal yang perlu dikerjakan bersama-sama. 

"Sesuai dengan Roadmap Fashion Muslim Indonesia, tahun 2024, ditargetkan untuk deklarasi Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia, melalui JMFW sebagai event internasional. Tahun 2023, ditargetkan untuk penguatan networking dengan terjun langsung dalam peta fesyen internasional. Dan tahun 2022 ini, fokus strateginya  adalah penguatan branding," pungkasnya.

"Dukungan Kementerian Perdagangan dalam pelaksanaan PPI 2022 merupakan bagian dari Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 yang puncaknya akan dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2022 mendatang, back to back dengan penyelenggaraan Trade Expo Indonesia 2022, di ICE BSD, Tangerang," sambung Farid.

Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Kusuma Ida Anjani mengatakan, Road to JMFW 2023 berkolaborasi dengan Puteri Indonesia 2022 dan Mustika Ratu dilaksanakan sebagai bentuk dukungan yang sejalan dengan program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Global Halal Hub di tahun 2024. 

"Inisiatif ini dilaksanakan melalui industri fesyen dan kosmetika dengan kerjasama berbagai pihak seperti Kemendag, KADIN, Asosiasi Kosmetik, Asosiasi Pertekstilan dan juga para desainer Indonesia," imbuh Kusuma Anjani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya