Serba-serbi Tren Ombre Lips, Sejarah hingga Viral di TikTok

Ombre lips.
Sumber :
  • Instagram @imploracosmetics

VIVA LifestyleDari rambut hingga kuku, tren ombre tampaknya akan terus bertahan di dunia kecantikan. Ombre lips bahkan sempat viral di TikTok, di mana para penggunanya ramai-ramai mengunggah video tutorial maupun tips merias bibir dengan teknik ombre. Banyak pula dari mereka yang mengulas dan merekomendasikan produk lipstik, lip, gloss, lip liner, lip cream hingga lip tint yang cocok dipakai untuk membuat ombre lips.

6 Trik Simpel Ini Bisa Bikin Kamu Tampil Glow Up!

Sebelum viral di TikTok, ombre lips sendiri sebenarnya sudah pernah menjadi tren riasan sejak lama. Bagi Kamu yang belum tahu, 'ombre' sendiri adalah bahasa Prancis yang berarti 'warna yang diarsir' atau 'gradasi warna'.

Terpopuler: Jawaban Mamah Dedeh Soal Menantu Perempuan, Persiapan Penting Sebelum Menikah

Sejarah ombre lips

Lipstik Ombre

Photo :
3 Solusi Ampuh Bibir Sehat dan Merona, Caranya Simpel Banget!

Dilansir dari laman Indian Express, Sabtu, 4 Februari 2023, ombre lips adalah salah satu cara memberikan ilusi bibir agar terlihat lebih penuh dengan menggunakan serangkaian produk makeup untuk memberi tampilan warna bibir memudar dari gelap ke terang. Warna yang lebih gelap biasanya diaplikasikan di bagian luar bibir dan secara bertahap menjadi lebih terang saat mendekati bagian tengah bibir.

Teknik ombre disukai banyak wanita karena mampu menambahkan dimensi yang indah dan menyempurnakan bentuk bibir.

Ombre memang sudah ada sejak lama. Meski sempat menghilang, namun tren ini kembali muncul setelah makeup dan riasan gaya Korea mendominasi dunia kecantikan.

Diketahui bahwa ombre lips pernah nge-tren di era 90-an. Namun, kala itu pemilihan warna ombre lips cenderung sangat kontras. Berbeda dengan tren ombre lips saat ini yang lebih banyak menggunakan warna-warna natural.

Nah, ombre lips versi Korea sendiri sebenarnya dilakukan secara terbalik atau disebut reverse ombre. Di mana warna yang lebih gelap diaplikasikan di bagian tengah bibir dan semakin memudar ke bagian luar bibir, menciptakan rona yang lebih natural. Teknik ini lebih digemar karena merupakan ilusi warna yang membuat bibir terlihat tebal dan penuh, serta memberikan tampilan ceri atau stroberi yang lebih muda dan segar.

Tips mempersiapkan bibir sebelum mengaplikasikan teknik ombre lips

Ilustrasi bibir kering.

Photo :
  • U-Report

Pastikan Kamu menggunakan scrub bibir dan mengaplikasikannya ke seluruh bagian bibir sebelum menggunakan lipstik atau produk riasan apa pun. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan kulit bibir yang mengering dan mengelupas.

Kamu juga bisa menggunakan lip balm atau pelembab bibir untuk tampilan bibir yang lebih sehat. Aplikasikan dengan cara menggosok lembut menggunakan sikat gigi atau handuk wajah.

Bersihkan sisa scrub dan lip balm dari bibir sebelum mengaplikasikan pewarna bibir apa pun agar Kamu memiliki bibir yang bersih, halus, lembap dan plump.

Rekomendasi produk ombre lips

Beberapa waktu lalu, brand kosmetik Implora meluncurkan shade terbaru produk lip cream mereka. Berkolaborasi dengan permen Relaxa, mereka mengeluarkan dua warna terbaru, yakni Lemon dan Cherry yang dikemas sesuai dengan tampilan packaging permen tersebut.

Peminat warna coklat muda dengan hasil natural dapat mencoba Lemon dan Cherry untuk pecinta warna merah pekat.

Uniknya, kedua warna ini dapat digunakan bersamaan dengan teknik ombre lips ciri khas makeup Korea. Selain packaging, lip cream yang dibanderol Rp27 ribu ini memiliki aroma mint yang sama persis seperti permen Relaxa varian Lemon dan Cherry.

"Matte Lip Cream ini mengandung vitamin E dan Omega 3, 6 ,9, sedangkan Implora Urban Matte Lip Cream yang hadir sebelumnya hanya mengandung Vitamin E," ujar Kartika Asih, Manager of Research & Development PT Implora Sukses Abadi dalam keterangannya.

Ia juga menambahkan bahwa seringkali bibir menjadi bagian yang terlewat untuk dijaga, itulah sebabnya Matte Lip Cream dibuat dengan kandungan Omega 3, 6, 9 serta antioksidan untuk menjaga kelembapan bibir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya