Ketika Sarung Mulai Jadi Bagian Fashion yang Bakal Mendunia

Tara Basro mengenakan sarung khas Indonesia
Sumber :
  • Instagram

VIVA Lifestyle  – Sarung merupakan salah satu produk fashion khas Indonesia. Tidak hanya sering digunakan oleh orang dewasa saja, belakangan ini sarung juga mulai mencuri perhatian karena banyak dikenakan kaum muda.

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Misalnya saja Tara Basro yang sempat mencuri perhatian publik menggunakan sarung saat berada di luar negeri beberapa tahun lalu. Dalam unggahannya itu, dia mengenakan kebaya hitam transparan yang dipadukan dengan sarung sabbe dari Bugis yang bercorak cerah.

Melihat hal ini, National Chairman Indonesia Fashion Chamber, Ali Charisma mengungkap bahwa budaya penggunaan kain sarung di tahun ini sebagai fashion akan digencarkan dan akan semakin dikenalkan pada  generasi muda.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

National Chairman IFC, Ali Charisma

Photo :
  • IFC

"Tapi saya sudah melihat ada generasi 20-an awal itu sudah bangga bersarung, ke mall ada yang bersarung," kata dia saat press conference MUFFEST 2023, di Jakarta, Jumat 3 Maret 2023.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Lebih lanjut, Ali juga berharap nantinya sarung ini dapat diperkenalkan ke dunia sehingga bisa semakin luas dikenal.

"Bukan hanya untuk ibadah saja, bukan hanya untuk acara tertentu untuk nikahan. Sarung gaya sporty, street wear, dan inilah nantinya yang bisa kita pamerkan ke dunia barat menjadi jati diri dan punya jalan untuk menguasai dunia," kata Ali.

Dalam kesempatan itu, Ali juga mengajak semua pihak untuk menggunakan sarung sebagai salah satu fashion Indonesia.

"Menurut saya, mereka kita suruh eksperimen sendiri, kita guide apapun yang mereka nyamannya seperti apa pakainya," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya