8 Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Kuat, No 7 Harus Dihindari

Ilustrasi perawatan kuku/manicure/pedicure.
Sumber :
  • Freepik/nensuria

VIVA Lifestyle – Meski tak begitu terlihat, namun kuku juga ternyata perlu diperhatikan baik dari penampilan dan kesehatannya. Kuku yang bersih dan sehat akan semakin mempercantik tampilan tangan kamu. Sehingga kamu perlu cara merawat kuku agar tetap terjaga sehat dan kuat

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Merawat kuku yang sehat dan kuat cukup penting untuk menjaga tampilan dan kesehatanmu secara keseluruhan. Lantas, bagaimana cara merawat kuku agar sehat dan kuat? Berikut ini beberapa tips cara merawat kuku yang dapat kamu lakukan. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Rajin memotong kuku secara teratur

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

potong kuku

Photo :
  • Pixabay/ Carola68

Kamu harus rajin memotong kuku dengan teratur karena dapat membantu mencegah risiko retak, kuku rusak dan juga mencegah kuman berkembang biak pada kuku. Perlu diperhatikan juga bahwa kamu perlu menggunakan gunting kuku yang bersih dan tajam untuk memotongnya.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

2. Bersihkan kuku secara teratur

Ilustrasi perawatan kuku/manicure/pedicure.

Photo :
  • Freepik/nensuria

Selain rutin memotong kuku, kamu juga harus rajin membersihkan kuku. Rajinlah membersihkan kuku dengan sabun dan air hangat. Pastikan juga kamu membersihkan bagian bawah kuku dan sekitar kuku dengan hati-hati.

3. Jangan menggunakan kuku sebagai alat

Ilustrasi menggigit kuku, sakit gigi

Photo :
  • Pixabay/AdinaVoicu

Meski lumrah dilakukan kebanyakan orang, namun kamu harus menghindari menggunakan kuku sebagai alat seperti untuk membuka tutup botol atau mengupas kertas. Karena dengan menggunakan kuku sebagai alat dapat merusak kuku dan meningkatkan risiko infeksi.

4. Gunakan pelembab kuku

Ilustrasi kuku tangan

Photo :
  • Pixabay/ Huskyherz

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan pelembab kuku untuk menjaga agar tetap lembut dan mengurangi risiko retak dan pecah. Kamu juga dapat menggunakan minyak almond atau minyak kelapa untuk melembabkan kuku.

5. Gunakan perlindungan kuku

Ilustrasi kuku.

Photo :
  • Pixabay

Kamu juga perlu menghindari memakai kuku untuk misalnya menekan tombol lift atau tombol pintu. Sebaiknya, gunakan jari lain atau gunakan alat bantu seperti penjepit kunci agar tak menggunakan kuku. 

6. Hindari produk kimia

Ilustrasi kuku kaki menghitam.

Photo :
  • U-Report

Untuk merawat kuku agar tetap sehat dan kuat, kamu perlu menghindari kuku daei paparan produk kimia seperti pembersih rumah tangga dan pewarna rambut yang dapat merusak kuku. Pakailah pelindung tangan atau kaki jika memang hendak melakukan aktivitas yang menggunakan bahan mengandung kimia. 

7. Jangan menggigit kuku

Ilustrasi menggigit kuku.

Photo :
  • U-Report

Ini menjadi salah satu hal yang masih sering dilakukan oleh banyak orang yakni kebiasaan menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku dapat merusak kuku dan juga dapat menyebabkan infeksi.

8. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat.

Photo :
  • U-Report

Terakhir, kesehatan kuku juga perlu dirawat dari dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, kalsium dan vitamin D yang dapat membantu memperkuat kuku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya