Mesotherapy Lebih Efektif Hilangkan Flek dan Bikin Wajah Glowing Dibanding Skincare

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

JAKARTA – Tren perawatan kecantikan setiap tahunnya mengalami perubahan. Belakangan ini tren perawatan mesotherapy, perawatan yang pertama kali di Prancis sejak tahun 60-an ini kembali menjadi hit di masyarakat. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Lantas, seperti apa perawatan mesotherapy? Spesialis kulit dan kelamin, Dr. Dicky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK menjelaskan, mesotherapy adalah perawatan noninvansif dengan cara menyuntikkan cairan melalui suntikan ke dalam jaringan kulit pada bagian tubuh yang diinginkan.

Mesoterapi memberikan makanan langsung ke kulit. Dengan pemberian itu obat bahan aktif dibutuhkan kulit. Kalau pemberian obat secara oles akan membutuhkan waktu, namun mesotherapy ini dapat mempersingkat waktu untuk menunjukkan hasilnya,” kata dia dalam press conference Mesotherapy dalam Aesthetic Treatment Kalbe, di kawasan Jakarta Selatan, Senin 17 Juli 2023.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

Lebih lanjut diungkap oleh Dicky, mesotherapy adalah sebuah art bagi dokter dalam meramu dan menjalankan kombinasi treatmen sesuai dengan sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

“Ini adalah teknik penyuntikan yang tidak memerlukan tindakan pembedahan, lebih efektif, dan aman. Tekniknya tidak memerlukan tindakan pembedahan, lebih efektif, dan aman,” ujarnya.

Teknik yang diterapkan dalam perawatan ini lebih simpel dibandingkan treatment lain dan tidak membutuhkan banyak waktu dalam pengerjaannya. 

Dicky mengatakan, tujuan mesotherapy adalah untuk mencerahkan kulit, memberikan efek bercahaya, anti penuaan, hingga pertumbuhan rambut. Efek samping yang dimunculkan pun relatif ringan dan beban biaya treatment yang lebih terjangkau.

Dicky menambahkan, perawatan ini bisa dilakukan pada mereka yang merasa penggunaan skincare tidak lagi menunjukkan hasil yang maksimal.

“Penggunaan skincare sudah tidak maksimal lagi di kulit kita. Skincare dibatasi kelemahan sama bahan aktif masuk sampai ke bawah kulit. Kulit ada molekul tertentu kalau lebih dari itu tidak bisa masuk. Akhirnya hanya masuk di lapisan epidermis kulit,” kata dia.

Ilustrasi kecantikan/wanita/perawatan kecantikan.

Photo :
  • Freepik/denissmart

Misalnya, ada pigmentasi atau melasma ada di lapisan dermis yang sulit diatasi hanya dengan krim saja. Dengan injeksi, bisa langsung mengenai target di kulit.

“Prinsipnya mesotherapy langsung targeted dan localize,” ujarnya. 

Di sisi lain, untuk Mesotherapy ini bisa dilakukan sebanyak 3-4 sesi dengan maintenance satu kali dalam 2 atau 3 bulan.

"Prinsip mesotherapy seperti memberi makan langsung ke kulit. Kita makan 3 kali sehari  prinsip sama dengan mesotherapy yang membutuhkan pengulangan. Tergantung apa yang mau ditargetkan misalnya pigmentasi dengan cocktail tiap 1 minggu, 3-4 sesi baru masuk maintenance diulang 2 atau 3 bulan sekali. Fase 1 itu booster jauh lebih rutin. Cuman dengan prinsip simpel, tidak aplikasi setiap hari. Injeksi tetap skincare,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya