Kaesang dan Sri Mulyani Dapat Sepeda Menang Pakaian Adat Terbaik, Apa Sih yang Dikenakan?

Kaesang Pangarep Juara 4 Baju Adat Terbaik di HUT RI ke-78 di Istana Merdeka
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden/Tangkapan Layar

JAKARTA – Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep menjadi sorotan usai dianugerahi kemenangan atas busana adat terbaik di HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta. Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani turut memenangkan hal serupa sehingga diberikan sepeda sebagai bentuk penghargaannya.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Kaesang dan Sri Mulyani didapuk sebagai dua dari lima pemenang penghargaan busana daerah terbaik saat Upacara Detik-detik Proklamasi. Pengumuman pemenang dilakukan saat rangkaian Upacara Detik-detik Proklamasi HUT ke-78 Republik Indonesia. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

"Juara keempat pakaian adat terbaik diraih oleh Mas Kaesang dengan busana adat Sulawesi Utara," kata pembawa acara Valeria Daniel, dikutip Youtube, Kamis 17 Agustus 2023. 

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Kaesang yang memakai pakaian adat lengkap itu terlihat percaya diri turun dari tempat duduk dan menuju ke halaman Istana Negara. Tak sendiri, tampilan unik Kaesang juga ditemani oleh istrinya, Erina Gudono yang mengenakan pakaian serupa.

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

Selain itu, Sri Mulyani sendiri didapuk sebagai pemenang kelima dari busana terbaik dengan memakai baju adat Soe dari Timor Tengah Selatan. Pakaian Sri Mulyani dinilai maksimal lengkap dengan aksesori kepala dan pakaian yang yang membuatnya begitu menawan.

Untuk juara pertama sendiri, Raja Amarasi yang memakai pakaian adat Nusa Tenggara Timur (NTT) didapuk sebagai pakaian adat terbaik. Lalu, juara kedua diraih oleh Gretty yang mengenakan pakaian adat Bengkulu. Kemudian, juara tiga diraih oleh Kohar yang memakai pakaian adat asal Banyuwangi.

Istana Kepresidenan kemudian memberikan hadiah sepeda kepada masing-masing pemenang. Kelima pemenang maju ke depan dan berfoto di hadapan masing-masing sepedanya. Penilaian baju adat terbaik, hampir selalu ada setiap perayaan HUT RI yang digelar di Istana Merdeka Jakarta.

Kaesang Pangarep Juara 4 Baju Adat Terbaik di HUT RI ke-78 di Istana Merdeka

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden/Tangkapan Layar

Sebelumnya, Presiden Jokowi kembali memakai pakaian adat seperti tahun-tahun sebelumnya dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada Kamis, 17 Agustus 2023. Kali ini, Presiden Jokowi tampil berwibawa dengan memakai pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng.

Hadir di Istana Merdeka, Jokowi tampak menyapa para tamu undangan yang hadir untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Saat memasuki Istana Negara, Jokowi terlihat memakai pakaian bernuansa gelap berwarna hitam dan putih disertai bubuhan warna keemasan.

Pakaian Adat Presiden Jokowi di HUT RI ke-78

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi terlihat memakai kemeja berwarna putih ditumpuk dengan jas berwarna hitam. Bagian pinggangnya mengenakan kain batik dua warna yaitu merah dan cokelat, yang juga menumpuk bagian celana panjang hitamnya. Serta, nampak aksesori kepala berwarna hitam dengan bentuk yang unik.

Jokowi juga nampak mengalungkan selendang berwarna emas yang senada dengan disampirkan dari bahu kiri ke arah pinggang kanan. Sejumlah aksesori berwarna emas juga turut disampirkan di bagian jas hitamnya. Pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng ternyata memiliki makna mendalam.

Berdasarkan keterangan resmi, pakaian Ageman ini biasanya dipakai para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji. Hal itu merepresentasikan Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, biasanya empat kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo atau masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya