Sri Mulyani dan Para Menteri Selfie Bareng Jokowi di Istana Berbatik

Sri Mulyani dan para menteri selfie di catwalk Istana Berbatik
Sumber :
  • YouTube

JAKARTA – Gelaran Istana Berbatik turut dimeriahkan oleh sejumlah Menteri dari kabinet kerja Presiden Joko Widodo. Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, Presiden Joko Widodo menggelar acara Istana Berbatik di Istana Negara pada Minggu 1 Oktober 2023. Acara tersebut diadakan dalam rangka merayakan dan mengingatkan kembali bahwasannya bangsa Indonesia memiliki warisan budaya yang tak ternilai harganya yakni Batik.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Acara Istana Berbatik menampilkan peragaan busana batik nusantara yang diikuti oleh 500 peserta dari berbagai kalangan masyarakat yang berjalan di atas catwalk sepanjang 150 meter dengan latar belakang Istana Merdeka yang megah dan historis. 

Salah satu menteri yang menarik perhatian para tamu undangan adalah penampilan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani saat melenggang di catwalk fashion show Istana Berbatik.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Istana Berbatik

Photo :
  • YouTube
Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Sri Mulyani kali ini tampil mengenakan busana batik bernuansa cerah dengan perpaduan warna magenta serta corak batik berwarna cokelat, hijau, dan oren. Ia juga memakai rok dengan warna senada yang membuat penampilannya terkesan lebih cerah.

Saat berjalan di catwalk dengan iringan musik, Sri Mulyani bersama jajaran menteri lainnya asyik berjoget. Kemudian ketika berada tepat di hadapan Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana, Sri Mulyani tiba-tiba berhenti untuk mengambil foto selfie bersama.

Sri Mulyani dan para menteri selfie di catwalk Istana Berbatik

Photo :
  • YouTube

Momen foto selfie itu kemudian disusul oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Fashion show dalam regu para menteri ini juga diikuti oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (MenkopUKM) Teten Masduki, Mensesneg Pratikno, dan masih banyak lainnya. Para menteri itu kompak memakai busana batik dengan motif yang beragam dan warna yang berbeda juga.

Para menteri di atas catwalk Istana Berbatik

Photo :
  • YouTube

Peragaan busana atau fashion show dimulai dengan penampilan dari grup 1 yang terdiri dari perwakilan kerajaan-kerajaan di Indonesia. Kemudian, grup 2 dan grup 3 tampil sekaligus yang pesertanya terdiri dari finalis Miss Indonesia, Putri Indonesia, dan para publik figur seperti atlit dan selebriti.

Beberapa di antara para selebriti Tanah Air yang ikut fashion show adalah keluarga Dwi Sasono, Maudy Koesnaedy, Nola B3, Atta Halilintar, Yasmine Wildblood, Luna Maya, Mikha Tambayong, Chef Arnold, Lukman Sardi, dan banyak lainnya.

Istana Berbatik

Photo :
  • YouTube

Momen fashion show ini juga menjadi yang pertama kali bagi para finalis Puteri Indonesia dan Miss Indonesia tampil di atas panggung yang sama.

Selanjutnya pada grup 4 dan 5 fashion show Istana Berbatik menghadirkan para pejabat dan gubernur dari 38 provinsi di Indonesia. para duta besar negara sahabat, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju atau OASE KIM dan atlet berprestasi akan meramaikan panggung Istana Berbatik. Kemudian, ditutup dengan 50 model dari Jakarta Fashion Week.

Acara ini juga akan menampilkan ragam batik dari berbagai kerajaan, UMKM serta karya perancang busana Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat aktif melestarikan dan mengembangkan kekayaan seni dan budaya Indonesia. Salah satu cara untuk menyampaikan rasa cinta itu adalah dengan memakai batik dalam kegiatan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya