Puteri Indonesia dan Miss Indonesia Bersatu di Istana Berbatik

Puteri Indonesia dan Miss Indonesia di catwalk Istana Berbatik
Sumber :
  • YouTube

JAKARTA  – Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, Presiden Joko Widodo menggelar acara Istana Berbatik di Istana Negara pada Minggu 1 Oktober 2023. Acara tersebut diadakan dalam rangka merayakan dan mengingatkan kembali bahwasannya bangsa Indonesia memiliki warisan budaya yang tak ternilai harganya yakni Batik.

Kenang Ibunda Mooryati Soedibyo, Putri: Beliau Mengajarkan Kami dengan Contoh

Acara Istana Berbatik menampilkan peragaan busana batik nusantara yang diikuti oleh 500 peserta dari berbagai kalangan masyarakat yang berjalan di atas catwalk sepanjang 150 meter dengan latar belakang Istana Merdeka yang megah dan historis. 

Peragaan busana atau fashion show dimulai dengan penampilan dari grup 1 yang terdiri dari perwakilan kerajaan-kerajaan di Indonesia. Kemudian, grup 2 dan grup 3 tampil sekaligus yang pesertanya terdiri dari finalis Miss Indonesia, Putri Indonesia, serta para publik figur.

Pernah Jadi Puteri Indonesia, Angelina Sondakh Ungkap Kenangan dengan Mooryati Soedibyo

Puteri Indonesia dan Miss Indonesia di catwalk Istana Berbatik

Photo :
  • YouTube
Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

Selanjutnya pada grup 4 dan 5 fashion show Istana Berbatik menghadirkan para pejabat dan gubernur dari 38 provinsi di Indonesia. para duta besar negara sahabat, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju atau OASE KIM dan atlet berprestasi akan meramaikan panggung Istana Berbatik.

Momen yang langka terjadi saat grup ke dua melenggak di atas catwalk, yang mana menyatukan para finalis Puteri Indonesia dan Miss Indonesia. Saat barisan mulai memasuki area catwalk, Raffi Ahmad sebagai pembawa acara langsung menyambutnya dengan meriah.

"Parade batik berikutnya adalah perwakilan Puteri Indonesia dan Miss Indonesia yang baru pertma kali ada di panggung yang sama," sambut Raffi Ahmad.

Puteri Indonesia dan Miss Indonesia di catwalk Istana Berbatik

Photo :
  • YouTube

Barisan paling depan di awali dengan penampilan cantik nan anggun dari Puteri Indonesia Pariwisata 2022 dan Miss Indonesia perwakilan dari Jawa Barat. 

Tidak hanya berdua, terlihat juga beberapa finalis Puteri Indonesia lainnya seperti RU IV Puteri Indonesia 2023, Puteri Indonesia Berbakat 2023, Puteri Indonesia Favorit 2022, RU III Puteri Indonesia 2023, Puteri Indonesia Sumsel 2023, hingga Puteri Indonesia Lingkungan 2023. Ada juga sejumlah perwakilan Miss Indonesia yang dari berbagai daerah seperti Maluku Utara, Bangka Belitung,  Kalimantan Utara, hingga Papua.

Grup fashion show Puteri Indonesia dan Miss Indonesia ini tampil begitu anggun memakai kebaya dan kain batik dengan motif dan warna yang berbeda. Sepanjang catwalk, mereka juga melambaikan tangan ke arah para tamu undangan dan memberikan salam kepada Presiden Joko Widodo. 

Puteri Indonesia dan Miss Indonesia di catwalk Istana Berbatik

Photo :
  • YouTube

Acara fashion show dilanjutkan dengan peragaan batik oleh para menteri, wakil menteri, serta pimpinan kementerian dan lembaga. Kemudian, ditutup dengan 50 model dari Jakarta Fashion Week.

Acara ini juga akan menampilkan ragam batik dari berbagai kerajaan, UMKM serta karya perancang busana Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat aktif melestarikan dan mengembangkan kekayaan seni dan budaya Indonesia. Salah satu cara untuk menyampaikan rasa cinta itu adalah dengan memakai batik dalam kegiatan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya