Menguncir Rambut Terus-Menerus Bisa Merusak Rambut, Ini 5 Bahayanya

Ilustrasi rambut dikuncir
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Menguncir rambut adalah pilihan gaya yang umum dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin menjaga rambut tetap rapi dan teratur. Namun, tahukah kamu bahwa ada risiko kesehatan yang terkaitdari kebiasaan sering menguncir rambut?  Pada kali ini, akan dibahas lebih dalam tentang lima bahaya yang dapat timbul ketika kamu selalu menguncir rambut serta bagaimana cara mengurangi risiko tersebut. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

1. Patah dan Rapuh

Rambut rontok

Photo :
  • Times of India
Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Salah satu bahaya utama menguncir rambut secara teratur adalah membuat rambut menjadi lebih mudah patah dan rapuh. Tegangan yang diberikan pada rambut saat dikepang atau diikat erat dapat merusak helai rambut dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

2. Kerontokan Rambut

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Rambut rontok

Photo :
  • Times of India

Jika kamu selalu menguncir rambut dengan kencang, terutama dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan kerontokan rambut. Akar rambut yang tertarik kuat dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

3. Kerusakan Skalp

Ilustrasi rambut rontok

Photo :
  • Pixabay/ slavoljubovski

Selain merusak rambut, menguncir rambut terlalu ketat juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala. Ini bisa berujung pada rasa sakit, peradangan, dan bahkan infeksi pada kulit kepala.

4. Penipisan Rambut

Ilustrasi rambut/wanita.

Photo :
  • Freepik/cookie_studio

Penggunaan terlalu sering gaya menguncir rambut yang ketat dapat menyebabkan penipisan rambut di area di mana rambut sering diikat. Hal ini sering disebut sebagai "alopasia mekanis," dan bisa menyebabkan penipisan permanen pada rambut.

Ilustrasi rambut dikuncir

Photo :
  • Pixabay

Terlepas dari dampak jangka panjangnya, menguncir rambut terlalu ketat juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan sehari-hari. Rasa sakit atau tegang pada kulit kepala dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bagi banyak orang, menguncir rambut adalah kebiasaan yang sulit dihindari. Namun, untuk mengurangi risiko terkait, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan untuk tidak menguncir rambut terlalu ketat, gunakan aksesori rambut yang lembut, dan berikan istirahat pada rambutmu dengan merelaksasikan gaya tersebut sesekali. Selain itu, selalu pertimbangkan kesehatan rambut dan hindari kebiasaan yang dapat merusaknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya