Tips Menghemat Biaya Pernikahan di Gedung

Contoh dekorasi tema pernikahan botani
Sumber :
  • Bimo Aria/VIVA.co.id

VIVA – Pesta pernikahan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tidak dimungkiri, mengatur biaya yang minim kerap kali menjadi permasalahan beberapa pasangan yang ingin menyelenggarakan momen besar tersebut.

Tips Dapatkan Acara Pernikahan Impian dengan Budget Terbatas

Banyak pasangan yang pada akhirnya mengandalkan utang atau bantuan orangtua hingga saudara atau menjual barang berharga untuk membiayai pesta pernikahan impian. Untuk menghindari masalah dana, Anda harus cermat mengatur  anggaran yang dimiliki sesuai dengan pesta pernikahan yang akan digelar.

Salah satunya, menurut Ega Alamsjah, pantia Wedding Carnaval, Anda dan pasangan bisa mendatangi pameran pernikahan untuk mendapatkan promo dari vendor.

Resepsi Pernikahan, Siapa yang Harus Menanggung Biaya Lebih Besar?

“Untuk menghemat budget sebenarnya Anda harus lebih jeli dalam melihat kesempatan atau wedding fair. Di sana tentunya banyak sekali penawaran promo dan paketan yang akan ditawarkan, seperti hotel dan paket bagi calon pengantin,” ujar Ega saat ditemui pada acara konferensi pers Wedding Carnaval di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 21 Desember 2017.

Baca juga:

Rasanya Siraman di Presidential Suite Hotel Bintang Lima

Adat hingga Negeri Dongeng, Tema Pernikahan Terlaris 2017

Wow, Pameran Pernikahan Ini Bakal Bagi-bagi Cincin Berlian

Selain itu, hindari menyewa ballroom di hotel ternama. Sementara bila menginginkankcatering yang menyediakan makanan enak dengan harga lebih miring, jangan malas melakukan survei di beberapa jasa katering.

"Lakukanlah perbandingan baik dari rasa dan harga antara katering satu dengan lainnya," kata dia.

Terpenting, saran Ega, sebaiknya memberitahu anggaran yang Anda miliki kepada pihak vendor. Dengan begitu, vendor akan membantu dan mencari solusi untuk pesta pernikahan Anda di gedung.

Dia mengungkapkan, biaya menggelar resepsi di gedung, biasanya membutuhkan biaya sekitar Rp100 juta. Itu sudah termasuk dekor, foto, musik, katering dan riasan.

Meski begitu, nominal tersebut bisa saja lebih rendah. Hanya saja, itu semua kembali lagi pada konsep dan lokasi yang diinginkan pengantin.

“Kalau budget pernikahan di gedung biasanya Rp100 juta itu bisa untuk 400 packs. Namun bisa saja kurang lagi, tergantung keinginan konsep pengantin,” ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya