Bingung Memilih Gorden? Tips Ini Dapat Membantu Anda

Membersihkan Gorden
Sumber :
  • id.arteblog.net

VIVA – Menggunakan gorden dapat membuat ruangan tampak elegan, namun jika dipilih dengan benar. Ada beberapa hal penting harus diperhatikan ketika memilih gorden, seperti warna, bahan, panjang, da n lebar kain tersebut. 

Lima Konsep Dekorasi Rumah yang Sedang Tren

Namun jika Anda masih merasa bingung cara memilih gorden yang tepat, dilansir dari Elle Decor, berikut adalah tips mudah memilih gorden yang tepat untuk hunian Anda. 

1. Warna dan bahan kain

Tanpa Renov Mahal, 6 Trik Jadikan Rumah Tampil Beda

Kain adalah bagian penting ketika memilih gorden, karena bahan akan menentukan seberapa baik fungsi dan ketahanan gorden dari waktu ke waktu. Beberapa jenis bahan yang baik untuk digunakan adalah sutra, bludru, dan linen. 

Salah satu warna yang dapat menjadi pilihan adalah netral, karena seiring berjalannya waktu warna gorden secara perlahan akan memudar. Menggunakan warna netral akan dengan mudah menyatu dengan dekorasi ruangan Anda. 

Cantik, Satu Isi Rumah Ini Terbuat dari Sampah Daur Ulang

2. Ukuran

Sebelum mengukur seberapa banyak lebar gorden yang diperlukan, sebaiknya ukur terlebih dahulu tinggi dan lebar jendela Anda. Sebaiknya mengantungkan gorden lebih tinggi 6 cm dari bingkai jendela. 

Untuk membuat tampilan tradisional dapat menambahkan dua atau tiga inci panjang gorden bagian bawah, sedangkan untuk tampilan modern dapat meletakan gorden sedikit lebih tinggi dari lantai.

3. Memesan sendiri

Dengan memesan gorden melalui jasa custom pribadi, Anda dapat dengan mudah memiliki gorden yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan ruangan. Anda bisa meminta orang dari jasa tersebut, untuk mengukur panjang dan luas gorden Anda,  serta dapat memilih pola, warna, serta bentuk dari gorden tersebut. 

4. Pilih tipe pencucian gorden

Sama halnya dengan tekstur kain yang berbeda-beda, ada berbagai macam cara pencucian gorden, yakni dibersihkan hanya dengan laundry dan dapat dicuci sendiri dengan tangan. Namun para ahli mengatakan untuk memilih gorden dapat dicuci sendiri, karena lebih tahan lama. 

5. Pilih cara pembelian

Di era global saat ini, sudah banyak sekali toko-toko menjual gorden, baik secara online atau offline. Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan penjual dalam memilih gorden yang sesuai dengan ruangan Anda. Namun jika Anda tidak memiliki waktu berbelanja secara langsung, dapat melalui online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya