Cat Dinding yang Tepat untuk Bagian Luar Rumah

Ilustrasi mengecat dinding
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Membangun hunian yang indah serta sesuai dengan keinginan adalah impian semua orang. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah bagian luar, karena memiliki nilai yang sangat penting. Bagian luar adalah yang pertama kali dilihat oleh orang lain.

Sering Dilakukan, 3 Kesalahan Saat Memilih Cat Dinding

Salah satu cara membuat bagian luar atau eksterior terlihat menarik adalah dengan pemilihan cat dinding yang baik. Terutama dengan cuaca Indonesia yang tidak dapat diprediksi, sehingga cat dinding dapat dengan mudah luntur atau mengelupas apabila tidak dirawat dan memilih cat eksterior yang tepat.

Menurut arsitek Ren Katili, pada dasarnya cat dinding tidaklah membutuhkan banyak perawatan ekstra. Namun yang terpenting adalah saat pemilihan dan pengaplikasiannya. 

Kandungan Cat Dinding Ampuh Tangkal Virus Corona di Rumah

"Salah satu cara memilih cat yang tepat adalah dengan melihat formula apa saja yang terdapat pada cat tersebut. Biasanya jika formulanya baik memengaruhi dari segi harga juga," katanya saat ditemui VIVA di Jakarta, Selasa, 22 Mei 2018.

Ia menambahkan cara lainnya untuk menjaga kualitas cat dinding adalah cara pengaplikasiannya. Cara tradisional dapat dilakukan dengan pengamplasan, lalu diikuti dengan primer dan pengecatan warna. 

Coba Ganti Suasana Rumah Biar Gak Bosan Selama Pandemi

"Sesuai dengan kultur orang Indonesia, biasanya mereka lebih menyukai mengganti suasana hunian mereka dengan mengubah cat dinding. Hal ini biasa dilakukan pada saat hari-hari besar seperti Lebaran untuk memberikan tampilan baru pada rumah mereka," katanya. (ase)

Ilustrasi ruangan/cat dinding hijau

Cantik Banget, 5 Inspirasi Warna Hijau Bolu Pandan untuk Dinding Rumah

Endy Nahya mengatakan, warna hijau dapat menimbulkan kesan menyegarkan karena identik dengan alam dan tumbuhan.

img_title
VIVA.co.id
23 Mei 2021