5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Sewa Rumah

Ilustrasi milenial.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mewujudkan impian memiliki tempat tinggal sendiri memang butuh perjuangan. Sebelum mimpi itu terwujud, biasanya sebagian besar orang memilih untuk menyewa tempat tinggal, baik berupa rumah atau apartemen. Dan beruntung saat ini, sudah banyak pembangunan apartemen dan flat yang disewakan dengan harga miring.

Jasad Pria Paruh Baya Buat Geger Apartemen di Tebet, Polisi Ungkap Penyebab Kematiannya

Dengan banyaknya pembangunan bisnis properti ini membuat minat konsumen semakin meningkat. Tidak hanya membeli, di zaman milenial seperti sekarang, Anda juga bisa menyewa apartemen dan flat dengan mudah.

Akan tetapi, sebagai konsumen, tetap harus pandai dan selektif memilih properti yang diinginkan. Bukan hanya mengutamakan kenyamanan, tetapi Anda juga harus teliti terhadap kondisi, fasilitas dan biaya yang tidak terduga saat menyewa rumah, apartemen atau flat .

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Seperti dilansir dari Times of India.com, berikut saran dari para ahli, agar Anda dapat teliti sebelum memutuskan menyewa properti.

Periksa gambar properti

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Jika pihak properti tidak memperlihatkan foto dari  hunian yang akan disewakan, Anda harus bersikeras untuk memeriksa tempat yang akan disewa tersebut. Jika tidak teliti, biasanya para pencari properti akan berakhir kecewa.

Cek bagian yang rusak

Cek tiap sudut ruangnya, apakah ada yang rusak. Jika ada, Anda harus tahu berapa biaya perbaikan yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, penting untuk memprioritaskan daftar fitur dan fasilitas yang Anda inginkan.

Kerjasama dengan agen profesional

Jika Anda mencari lokasi tempat tinggal lewat agen properti, Anda harus berhati-hati. Kenapa? Karena perilaku mereka bisa berubah secara drastis begitu kesepakatan telah dikunci.

Pilihlah agen properti yang profesional yang bisa Anda percayai akan menjaga komitmen. Sebagai alternatif, Anda bisa mencari sendiri dan berkonsultasi dengan orang terdekat.

Jual profil Anda ke pemilik rumah

Pemilik rumah biasanya sensitif terhadap orang yang akan menyewa rumah. Untuk menghindari masalah, Anda bisa memperlihatkan identitas diri kepada pemilik properti.

Akses mudah

Mungkin hal pertama yang dicari seseorang yang akan menyewa rumah adalah kemudahan akses. Anda bisa memilih rumah yang dekat dengan kantor, sekolah, rumah sakit dan pusat perbelanjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya