6 Tips Memaksimalkan Ruang Kosong di Kamar Tidur

Ilustrasi kamar tidur/interior rumah.
Sumber :
  • Pixabay/GregoryButler

VIVA.co.id – Memiliki kamar tidur yang nyaman merupakan keinginan semua orang, karena kamar tidur merupakan tempat untuk melepas rasa penat dan beristirahat.

Jangan Sama! Cara Pilih Aroma Reed Diffuser Buat Kamar Tidur dan Ruang Tamu

Selain sebagai tempat beristirahat, kamar tidur juga sering dijadikan sebagai ruang relaksasi, ruang bersantai, dan sering juga sebagai ruang berkumpul dengan keluarga dan teman terdekat. Karena hal tersebut penting untuk memaksimalkan setiap sisi pada ruangan kamar yang tersisa.

Salah satunya Anda dapat memanfaatkan ruang kosong pada lantai kamar yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang serbaguna sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti dilansir dari Elle Decor, Jumat 29 September 2017, berikut adalah tips memaksimalkan ruang kosong pada kamar tidur Anda.

Polisi Tangkap Pemasang CCTV di Router WiFi dalam Kamar Tidur

1. Gunakan bantal

Terkadang ruang kosong pada lantai kamar sering sekali digunakan sebagai tempat duduk-duduk bersantai dengan keluarga dan sahabat terdekat. Jika menggunakan sofa terlalu besar dan tidak sesuai dengan skala ruangan, Anda dapat menggunakan bantal berukuran besar sebagai penggantinya.

4 Tips Aman Menggunakan Kipas Angin di Kamar Tidur Anak

Anda dapat bermain dengan motif bantal sesuai dengan selera pribadi Anda, namun pastikan motif bantal yang sesuai dengan tema pada ruangan kamar Anda.

2. Perhatikan fungsi furnitur

Mungkin Anda pernah membeli furnitur atau mendekorasi untuk kamar tidur Anda. Namun baiknya perhatikan terlebih dahulu nilai fungsi dari furnitur dan dekorasi tersebut untuk apa.

Jika tidak terdapat nilai fungsi yang baik, lebih baik Anda pikirkan kembali sebelum memilih furnitur atau dekorasi untuk kamar Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kesan menumpuk pada kamar yang  akan membuat Anda sulit untuk beristirahat dengan tenang.

3. Pilihlah yang Anda sukai.

Sering sekali orang-orang meletakkan tempat duduk atau sofa untuk mengisi ruang kosong pada kamar tidur. Namun Anda dapat menggunakan hal lain, Gunakan ruang tersebut dengan meletakkan barang-barang yang Anda sukai.

Anda dapat meletakkan sebuah rak pada sisi bawah tempat tidur Anda untuk menyimpan koleksi tas, sepatu, dan topi koleksi Anda.

4. Gunakan karpet dan cermin

Jika Anda lebih menyukai ruangan yang terkesan luas, dan tidak menginginkan hal lain terkecuali tempat tidur Anda. Anda dapat memberikan karpet yang berbahan halus untuk meningkatkan kenyamanan Anda ketika berjalan di kamar.

Jika Anda tetap menginginkan dekorasi pada kamar namun tidak berlebihan, Anda dapat menggunakan cermin besar sebagai dekorasi pada kamar Anda. Selain memberikan optik ilusi ruangan makin terlihat luas, dengan pemilihan bingkai antik dan unik akan menambah nilai futuristik pada kamar Anda.

5. Gunakan sebagai tempat penyimpanan

Kebutuhan seseorang memang berbeda-beda. Beberapa orang membutuhkan tempat untuk menyimpan koleksi pakaian, dan aksesoris miliknya.

Anda dapat menggunakan sisa ruang pada kamar Anda dengan menjadikannya tempat penyimpanan. Agar ruangan tetap tidak terasa sempit, gunakan bagian bawah pada tempat tidur Anda dengan meletakkan rak atau laci. Itu akan membuat Anda mempunyai ruang penyimpanan lebih pada kamar Anda.

6. Gunakan basket anyaman

Untuk ruangan berukuran kecil, Anda tetap dapat memaksimalkannya dengan cara. Menggunakan single bed, dan menggunakan barang yang benar-benar Anda butuhkan.

Anda dapat meletakkan basket bermotif anyaman sebagai tempat penyimpanan pakaian Anda. Selain menghemat ruang pada ruangan Anda, dengan menggunakan basket bermotif anyaman dapat membuat ruang tidur Anda semakin terlihat indah. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya