5 Fakta Unik Kim Jong-Un Saat Traveling, Bawa Toilet Pribadi

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un ternyata memiliki beberapa kebiasaan unik ketika bepergian. Mengutip laman Independent, sejak menjabat pada tahun 2011, Kim tidak pernah meninggalkan negara asalnya. Tapi baru-baru ini ia melakukan sejumlah kunjungan, di antaranya bertemu Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In, setelah sebelumnya pada bulan Maret ke Tiongkok untuk bertatap muka dengan Presiden Xi Jinping.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Baru-baru ini Kim juga dilaporkan setuju untuk bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump di zona demiliterisasi Korea. Berikut ini kebiasaan unik Kim Jong Un saat traveling.

Mobil diiringi 12 pengawal

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Ketika mobil Kim tiba di Korea Selatan dalam pembicaraan damai dengan presiden Moon Jae-In minggu lalu, kamera menangkap pemandangan yang tidak biasa. Sebanyak 12 pengawal, berpakaian setelan lengkap dan sepatu hitam, mengiringi kendaraan di mana Kim berada di dalamnya. Iring-iringan tersebut terus mendampingi dengan formasi yang sempurna meski mobil tengah melaju di tikungan.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Dia mengendarai kereta pribadi antipeluru

Sebagian besar pemimpin dunia bepergian dengan pesawat terbang, tetapi sangat mirip dengan ayah dan kakeknya, moda transportasi yang disukai Kim Jong-Un adalah kereta pribadi.

Setiap kali Kim bepergian, seperti yang dilakukannya ke China bulan lalu, tiga gerbong kereta api diperlukan, yaitu gerbong keamanan di depan, gerbong Kim, dan gerbong belakang untuk pengawal dan persediaan.

Masing-masing gerbong memiliki pengamanan tinggi, seperti milik Kim yang memiliki daya tahan peluru, dan dengan semua beban ekstra, kereta api itu hanya memiliki kecepatan 60 km per jam.

Membawa toilet pribadi

Rupanya, Kim Jong-un tidak menggunakan toilet umum ketika dia bepergian, dan memilih menggunakan toilet pribadi seperti yang dikatakan Lee Yun-keol, mantan anggota unit Komando Garda Korea Utara.

"Daripada menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara memiliki toilet pribadi yang mengikutinya saat dia bepergian," kata Lee kepada Washington Post. "Ekskresi pemimpin mengandung informasi tentang status kesehatannya."

Pada 2015, kantor berita Korea Selatan, DailyNK melaporkan bahwa kamar mandi khusus dibuat di salah satu mobil yang digunakan konvoi kendaraan lapis baja Kim.

Membawa mesin mie khusus dari Pyongyang

Pertemuan Kim yang direncanakan secara seksama dengan presiden Korea Selatan, Moon Jae-In, mewakili selera pribadi kedua pemimpin.

Untuk Kim, ia harus membawa mesin mie khusus sebagai alat membuat "naengmyeon," hidangan mie soba dingin. Menurut Vice News, makanan disiapkan oleh kepala koki di Okryu-gwan, restoran terkenal di Pyongyang.

Tidak pernah jauh dari salah satu landasan terbang pribadinya

Kim Jong Un dilaporkan memerintahkan pembangunan lima landasan udara privat untuk keperluan pribadinya. Landasan udara terletak di sebelah beberapa istana dan stasiun kereta pribadi Kim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya