Meugang, Tradisi Makan Mewah Warga Aceh Jelang Ramadan

Tradisi Meugang Aceh sambut ramadhan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA – Masyarakat Muslim dunia tengah bersiap menyambut bulan suci Ramadan. Beberapa daerah di Tanah Air pun punya tradisi dalam menyambut Ramadan.

6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara

Salah satunya adalah Nanggroe Aceh Darussalam. Menjelang Ramadan, masyarakat di Aceh punya tradisi yang dinamakan Meugang.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Amiruddin Cut Hasan kepada VIVA menuturkan, Meugang pada dasarnya merupakan rangkaian aktivitas dari membeli, mengolah dan menyantap daging sapi selama dua hari menjelang bulan puasa.

5 Tradisi Unik Ramadhan Belahan Dunia, Ada yang Bikin Merinding

"Tradisi Meugang itu, kita semua masyarakat Aceh harus atau wajib membeli daging. Tidak ada satu keluarga pun yang tidak membeli daging (sapi, kerbau dan kambing)," kata dia saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin malam, 15 Mei 2018.

Tradisi Unik di Indonesia Selama Bulan Ramadhan

Amiruddin menyebut, pantang bagi masyarakat Aceh tidak menyediakan daging menjelang hari-hari besar umat Islam, termasuk Ramadan.

"Bagi kita pantang tidak ada daging jelang Ramadan," ujarnya.

Aktivitas makan daging pun menjadi simbol bahwa menu santap mewah itu bisa dinikmati semua orang dalam menyambut hari-hari besar Islam. Hal itu dilakukan tanpa melihat status ataupun golongan. Masyarakat Aceh juga akan mengolah daging tersebut dengan beberapa masakan khas Aceh.

"Dimasak tergantung masing-masing karena kita ada 23 kabupaten kota dengan delapan etnis ini masakannya berbeda-beda. Kalau di Banda Aceh kuah belange, ada rendang, ada asam pedas," ucap Amiruddin. (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya