Berkah Lebaran, Stoples Lukis Batik Laris Manis

Toples lukis Lita Glass Painting
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA – Momen Lebaran membawa berkah bagi perajin stoples lukis di Jalan Kawi Selatan, Kota Malang, Jawa Timur. Dyah Rachmalita, pemilik usaha kerajinan stoples lukis Lita Glass Painting, mengaku pemesanan meningkat hingga 50 persen saat momen Lebaran tiba.

Cantiknya Batik Sekar Arum Sari, Resmi Jadi Seragam Baru Jemaah Haji Indonesia 2024

Dyah bersama ketiga perajin sudah mengerjakan stoples lukis sejak awal bulan Ramadan. Alasan utama para pelanggan adalah ingin stoples dengan tampilan beda saat momen Hari Raya.

"Ada peningkatan sekitar 50 persen saat Lebaran. Kita kerjakan sejak awal Ramadan karena stoples lukis ini membutuhkan waktu dan ketelitian dalam melukis motif batik," kata Dyah, Rabu, 13 Juni 2018.

Cerita Mpok Alpa Kena Guna-guna hingga Dibuat Kecelakaan Mobil

Dia mengatakan, motif batik andalan di Lita Glass Painting adalah batik parang dan batik kawung. Menurutnya, setiap pemesanan stoples dibuat terbatas karena warna hiasan atau ornamen stoples disesuaikan dengan selera pemesan.

"Kita gunakan bahan cat impor dari Prancis. Cat ini khusus buat lukis kaca kita punya 24 warna. Tahun ini motifnya batik parang dan kawung, yang heritage dan sudah diakui dunia," ujar Dyah.

Didiet Maulana: Shopee Buktikan Batik Lokal Juga Layak Ekspor

Dalam sehari, perajin di gerai ini mampu membuat 5 stoples ukuran kecil dan satu stoples ukuran besar. Kendala utama dalam mengerjakannya adalah membuat ornamen sedetail mungkin sehingga membutuhkan waktu lebih lama. Sementara harganya mulai Rp100 ribu atau tergantung ukuran dan ornamen yang diinginkan.

Perajin toples motif di Lita Glass Painting

Kini pelanggan Dyah bukan hanya dari wilayah Malang dan Jawa Timur, pemesanan justru lebih banyak dari luar daerah, seperti Jakarta dan Bali. Bahkan Lebaran tahun ini, dia juga mendapat pesanan untuk suvenir gelas lukis dari Hawaii, Amerika.

"Ada pesanan gelas lukis ini dikirim ke Hawaii juga. Untuk stoples sekarang selain dari wilayah Malang, banyak dari luar kota seperti Bali, paling banyak dari Jakarta," kata Dyah.

Salah satu pembeli stoples kaca, Lyla Nurratri mengaku tertarik membeli stoples lukis untuk momen Lebaran tahun ini. Menurutnya, stoples lukis akan membuat tampilan kue Lebaran lebih menarik.

"Karena Lebaran kan juga butuh tampilan baru yang fresh. Kebetulan saya beli yang warna biru dengan motif bunga karena segar. Kalau harga relatif karena itu sesuai dengan kualitas dan motif yang diminta," kata Lyla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya