Keren, Pria Asal India Pandai Melukis dengan Mesin Jahit

Arun Kumar Bajaj, pria India yang pandai melukis dengan mesin jahit.
Sumber :
  • Facebook Arun Kumar Bajaj Thread Work Artist

VIVA – Jika kebanyakan orang membuat lukisan di atas kanvas dengan menggunalan cat air dan kuas, pria yang satu ini punya cara sendiri membuat lukisan. Arun Kumar Bajaj memiliki keterampilan yang sangat tidak biasa. Pria asal India ini bisa melukis dengan mesin jahit.

Kata Kritikus Seni Rupa soal Lukisan Artificial Intelligence Karya Denny JA

Secara teknis, ia menyulam, bukan melukis, tetapi karya seninya sangat detail sehingga bisa terlihat sebagai lukisan hiper-realistis di mata yang tidak terlatih. Dan fakta bahwa dia melakukan semuanya dengan mesin jahit membuatnya jauh lebih mengesankan.

Arun benar-benar pandai menggambar dan tumbuh sebagai pelukis, ia bermimpi menjadi pelukis terkenal.  Tetapi kematian mendadak ayahnya, 15 tahun lalu, menggagalkan rencananya dan memaksanya meninggalkan sekolah untuk menjalankan bisnis keluarga.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Ayahnya seorang penjahit dan dia akhirnya meneruskan karier sang ayah. Tapi dia tidak membiarkan hasrat seni dalam dirinya mati. Sebaliknya, ia mulai "melukis" dengan jarum dan benang, tetapi alih-alih menggunakan tangannya, ia memutuskan untuk menggunakan alat menyulam yang agak tidak biasa, mesin jahit.

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

Butuh beberapa saat untuk menguasai bentuk seni yang unik ini, tetapi saat ini ia diakui sebagai satu-satunya seniman mesin jahit di dunia. Demikian dilansir dari Oddity Central, Jumat, 22 Juni 2018.

“Saya telah menjahit selama 23 tahun terakhir, sejak saya berusia 12 tahun,” kata seniman berusia 35 tahun itu.

“Ayah saya seorang penjahit, tetapi dia meninggal lebih awal, ketika saya berumur 16 tahun, dan saya harus putus sekolah untuk mengambil alih toko. Saya pandai membuat sketsa di sekolah, dan ini adalah cara saya bisa menggabungkan dua kesenian,” ujarnya.

Untungnya, ketekunannya terbayar, dan karyanya sangat dicari, baik di India maupun di luar negeri.

“Anda harus sangat tepat karena setelah Anda menjahit kainnya, tidak mungkin Anda dapat membatalkannya. Saya juga tidak terlalu melebih-lebihkan. Semua dilakukan dalam satu lapisan untuk memberi tampilan yang rapi pada lukisan,” ucapnya.

Beberapa karya yang paling mengesankan dari The Needle Man termasuk lukisan Dewa Krishna berukuran 6x4 kaki yang dibuat dalam waktu tiga tahun. Kemudian ada pula lukisan istana Ranjit Singh, Maharaja yang terkenal dari kerajaan Sikh. Lukisan berukuran 4x2 kaki itu menampilkan hampir 2.000 figur manusia dan dibuat dalam waktu lebih dari satu tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya