Bersin dengan Mata Terbuka Bikin Bola Mata Keluar, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi bersin.
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA – Setiap orang pastinya pernah mengalami bersin, terutama saat terkena flu atau ketika berada di cuaca dingin. 

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Saat bersin kebanyakan orang secara spontan akan menutup matanya. Salah satu rumor yang beredar bahwa jika bersin dengan mata terbuka maka bola mata kita akan keluar. Benarkah hal itu?

Dilansir theguardian, bersin dengan mata terbuka mungkin saja terjadi. Meskipun dalam banyak kasus orang banyak bersin dengan mata tertutup dan merupakan bagian dari refleks tubuh terhadap rangsangan.

Kronologi Siswa Terlempar Kayu Hingga Terancam Buta di Jombang

David Huston, MD, dari Texas A&M College of Medicine mengatakan bahwa bersin dengan mata terbuka tidak terprogram atau wajib diperintahkan otak.

Di lain sisi ia juga menyebut bahwa tidak ada riset yang pasti mengapa kita berkedip saat bersin, tapi timnya percaya bahwa itu adalah sebuah respons proteksi. 

Miliki 5 Warna Mata, Anak Ini Ternyata Bisa Komunikasi dengan Sosok Gaib

"Tubuh bekerja untuk membersihkan udara dengan bersin dan menemukan partikel yang menjengkelkan di hidung," katanya.

Saat bersin secara otomatis  kelopak mata memang akan tertutup. Ini sebagai sebuah respons untuk lebih banyak mencegah iritasi yang masuk ke mata dan mengganggu mata. 

Sementara itu, masih tidak jelas kapan atau di mana mitos yang mengatakan bahwa bersin dengan mata terbuka membuat bola mata keluar. Tapi salah satu dugaannya berasal dari  cerita yang diterbitkan di New York Times pada April 1882. 

Artikel itu melaporkan bahwa seorang wanita sedang mengendarai mobil di jalan ketika dia secara tiba-tiba bersin dan salah satu bola matanya menjadi gelap.

Namun Hutson menyebut rumor itu sebagai dongeng yang mengada-ada, dan menambahkan bahwa tidak ada bukti sedikit pun untuk membuktikan itu.

"Tekanan yang dilepaskan dari bersin sangat tidak mungkin membuat mata keluar bahkan ketika mata terbuka," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa peningkatan tekanan yang terjadi di pembuluh darah, bukan mata atau otot yang mengelilingi mata. Tekanan vaskular ini dapat menghasilkan kapiler pecah, yang merupakan aliran darah, yang sering bermanifestasi di bola mata atau wajah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya