Anak Pencipta Komik Panji Koming Ternyata Punya Karya Mendunia

Pinot W Ichwandardi
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Indonesia kembali kehilangan salah satu talenta berbakatnya. Penulis kartun Panji Koming, Dwi Koendoro meninggal dunia. Almarhum menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 03.14 WIB, Kamis, 22 Agustus 2019 di Rumah Sakit Premier Bintaro.  

Mengenal Sosok Dwi Koen, Pencipta Komik Panji Koming yang Wafat

Kabar ini beredar lewat akun Twitter putra Dwi Koendoro, Wahyu Ichwandardi atau lebih dikenal dengan panggilan Pinot di media sosial.

"You’ve created a ding in the universe, with laugh, comics, animation, illustration, videography, cinematography. Now it’s time for you to create a ‘ding’ in heaven. Thank you for the dream. Now it’s our turn to continue your dream. Rest in peace, Dwi Koendoro ," ungkap Pinot di akunTwitternya.

Pencipta Komik Panji Koming Meninggal Dunia

Darah seni dari Dwi Koendoro itu nampaknya juga turun ke Pinot. Seperti halnya sang ayah, Pinot juga merupakan salah satu animator ternama dengan karya yang mendunia.

Baca Juga: Apa Itu Toxoplasma, Penyakit yang Diidap Tantri Kotak?

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Karyanya banyak ia bagikan melalui berbagai medium seperti Vine, Steller, Snapchat, dan Twitter. Dengan medium yang terbatas tersebut justru membuat Pinot menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Ia juga telah memenangkan sejumlah penghargaan prestisius seperti pemenang untuk kategori Videographer di Shorty Awards, pemenang untuk Kategori Animasi di Fast Film Fest, pemenang untuk Audience Award di Fast Film Fest.

Salah satu karya terkahir yang sempat viral dan banyak diperbincangkan ialah saat ia mengemas ulang video klip This Is America karya Childish Gambino dalam bentuk animasi. Satu hal yang membuat karya ini menarik lantaran menggunakan komputer Apple jadul keluaran tahun 1985.

"One of the challenge for traditional motion capture: need to create the motion based on the suggestion. In this part, Donald's feet are out frame. Need to suggest where his feet land, spin & stop." ungapnya lewat akun Twitternya.

Setelah melewati proses yang panjang ia akhirnya berhasil merampungkan karyanya tersebut. Video singkat putra penulis kartun Panji Koming itu juga mendapatkan banyak sorotan dari media internasional. Sebagai informasi, saat ini Pinot tinggal di Ne York Amerika Serikat, dan bekerja sebagai Senior Animator di Vayner Media. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya