Tips Hemat Uang Disaat Gaji Dipotong Akibat COVID-19

ilustraasi menabung
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dunia dihantui pandemi corona COVID-19, yang membuat sejumlah negara melakukan tindakan lockdown dan karantina wilayah. Hal itu  tidak hanya menimbulkan ancaman besar bagi kesehatan individu, memaksa setiap orang untuk tetap tinggal di dalam rumah ketika, dan dampaknya melumpuhkan ekonomi dunia, termasuk Indonesia. 

6 Tips Merawat Peralatan Rumah Tangga Biar Awet, Duit Belanja Jadi Aman Bun!

Bagi karyawan, hal ini seperti mimpi buruk yang menjadi kenyataan. Banyak perusahaan-perusahaan yang mulai memotong gaji karyawannya, bahkan tindakan pemutusan hubungan kerja pun terpaksa dilakukan. 

Bahkan beberapa perusahaan telah meminta karyawan untuk cuti tanpa bayaran, beberapa lainnya tanpa basa-basi diminta agar bersedia gajinya dipotong. 

6 Tips Keuangan Hemat dan Berkah di Bulan Ramadhan

Disaat keadaan menjadi sulit, dan Anda menjadi salah satu korban dari pemotongan gaji, tentunya Anda harus mulai membatasi pengeluaran dan menghemat uang. Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari laman timesofindia. 

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

5 Tips Frugal Living di Ibu Kota untuk Anak Rantau Kelola Keuangan Lebih Baik

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah mengajarkan kita pelajaran yang sangat berharga — kita bisa bertahan hidup dengan begitu sedikit tetapi kita telah mengumpulkan begitu banyak hal yang hampir tidak kita gunakan. 

Bisa dikatakan hal itu adalah definisi terbaik dari kebutuhan dan keinginan. Sementara 'keinginan' Anda tergeletak di rumah yang tidak digunakan, 'kebutuhan' Anda adalah apa yang sebenarnya telah digunakan.

Misalnya, Anda mungkin hanya perlu satu mobil untuk keluarga. Namun Anda akhirnya membeli mobil untuk masing-masing anggota keluarga hanya karena punya uang dan menginginkannya. 

Jika ingin mengurangi pengeluaran dan menghemat uang, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang Anda butuhkan.

Menabung sebelum menghabiskan

Kata orang terkaya di dunia Warren Buffet, "Jangan selamatkan apa yang tersisa setelah belanja, tetapi belanjakan apa yang tersisa setelah menabung." 

Jika Anda ingin mengatasi krisis keuangan ini, lebih baik Anda menjadikan kata-kata Buffet sebagai pegangan. 

Buat tujuan jangka panjang dan jangka pendek

Sama seperti memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk tabungan Anda, memiliki hal yang sama untuk pengeluaran Anda juga. Sebelum membeli sesuatu, tanyakan pada diri Anda pertanyaan ini, "Apakah saya benar-benar perlu membeli ini hari ini? Atau bisakah itu menunggu beberapa bulan lagi?" Jawaban dan kendali diri akan menyelamatkan Anda dari pengeluaran. 

Memiliki penghasilan sampingan

Dalam hal, Anda berjuang untuk memenuhi. Ketika satu pintu ditutup, Anda harus menemukan pintu lain untuk membiarkan cahaya masuk, dan dalam hal ini uang. 

Cari cara lain untuk mendapatkan penghasilan sampingan selain sumber pekerjaan permanen Anda. Uang ekstra ini yang akan Anda hasilkan dapat disimpan untuk masa depan.

Bayar utang atau pinjaman tepat waktu

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang ketika mereka mengalami krisis keuangan adalah menghentikan pembayaran utang atau pinjaman mereka.

Yang tidak mereka sadari adalah mereka harus membayar bunga lebih besar ketika mereka menunda pembayaran pinjaman mereka. Apa pun yang terjadi, selalu berusaha membayar utang tepat waktu untuk menghindari biaya tambahan.

Tetap sabar dan bersikap positif

Ini adalah masa yang sangat menegangkan dan kita perlu bersabar dan tetap positif. Selalu ingat, waktu tidak konstan. Dan ini juga akan berlalu. Selalu minta bantuan ketika Anda mulai mendekati jalan buntu dan Anda tidak tahan lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya