Mengenal Pekerjaan Pengisi Suara dan Kisaran Bayarannya

Ilustrasi karaoke/microphone.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Pekerjaan pengisi suara memerlukan keahlian dalam meniru berbagai warna suara. Pekerjaan ini disebut sebagai kontribusi vokal yang dibuat untuk produksi di mana pembicara tidak terlihat.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Misalnya, pada film animasi, iklan televisi dan radio, bahkan untuk keperluan lain seperti film dokumenter. Pekerjaan ini cukup banyak diminati sebagian orang. Pengisi suara yang cukup terkenal di Indonesia seperti Bimo Kusumo Yudo, Ony Syahrial, Ade Basuki, Ade Kurniawan, almarhumah Nurhasanah Iskandar, dan masih banyak lagi. 

Apa itu pekerjaan pengisi suara? 

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Pengisi suara adalah jenis dialog di luar panggung atau di luar kamera. Meskipun audiens yang dituju dapat mendengar dialog ini, individu yang mengisi suara biasanya tidak terlihat dalam sebuah produksi. 

Artis pengisi suara sering dipanggil untuk membaca skrip untuk berdialog menjadi suatu karakter atau bisa juga memberikan informasi yang tidak dapat disimpulkan dari tindakan utama dalam sebuah produksi.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Selain itu, juga sering digunakan sebagai cara untuk memberikan informasi selama iklan. Hal ini dapat digunakan untuk menambah plot dan alur cerita selama produksi, seperti drama, acara televisi, film, dokumenter, dan siaran olahraga. 

Apa Tugas Pengisi Suara? 

Tanggung jawab utama pengisi suara secara umum adalah membaca naskah dan berbicara. Meski terdengar sederhana tapi tidak hanya begitu saja. Sebab, pengisi suara harus memiliki suara yang bagus. Selain itu, mereka juga harus bisa membaca dan berbicara dengan baik. 

Pengisi suara perlu membaca naskah apa pun yang ada di hadapan mereka dengan sikap dan nada yang benar. Secara umum, para pengisi suara ini harus mampu menyampaikan jenis pesan yang tepat, dengan perasaan dan emosi yang nyata agar dapat dipercaya.

Berapa Bayaran Pengisi Suara? 

Hal ini akan cukup sulit untuk menentukan gaji rata-rata dari artis pengisi suara. Tetapi, biasanya pengisi suara yang lebih berpengalaman dan berbakat akan dapat memperoleh bayaran yang lebih tinggi. Biasanya, artis pengisi suara dibayar per perkerjaan. 

Dikutip dari The Art Career Project, mereka dapat menghasilkan mulai dari US$20 atau sekitar Rp296 ribu hingga beberapa ratus dolar hanya untuk satu jam kerja.

Sementara menurut situs Gravy for the Brain, penghasilan pengisi suara berkisar dari US$35 atau sekitar Rp519 ribu untuk iklan radio pasar kecil, US$150 atau sekitar Rp2,2 juta untuk rekaman 15 detik pada situs web kecil. Sementara untuk iklan radio berkisar US$250 sampai US$350 atau sekitar Rp3,7 sampai Rp5,1 juta.

Rata-rata Gaji Pengisi Suara

Meski hanya indikator sebab dapat berbeda di setiap Negara. Menurut situs tersebut pengisi suara rata-rata memiliki gaji US$31,400 atau setara Rp465 juta pertahun. Aktor suara tingkat pemula mendapatkan US$18,390 atau setara Rp272 juta setahun sementara aktor suara yang berpengalaman memiliki gaji tahunan rata-rata US$ 90 ribu atau Rp1,3 miliar setahun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya