Viral 'Anak Sultan' Ikut Demo, Pakai Atribut Harganya Capai Rp22 Juta

Pendemo pakai perlengkapan mahal.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Sejumlah mahasiswa dan buruh sejak pekan lalu beramai-rami turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja. Demonstrasi juga sempat diwarnai dengan kerusuhan.

Kelompok Muslim AS Kecam Universitas di New York atas Penangkapan Mahasiswa Pro Palestina

Sejumlah fasilitas umum di beberapa daerah termasuk Jakarta menjadi korban pengrusakan. Tidak hanya itu, beberapa kejadian selama aksi demonstasi juga terekam di media sosial.

Tidak sedikit cerita menarik mewarnai demo Omnibus Law Cipta Kerja tersebut. Salah satunya adalah video yang memperlihatkan seorang mahasiswa yang menggunakan perlengkapan senilai puluhan juta saat demo tersebut.

Rekaman CCTV Detik-detik Bus Kuning UI Sebelum Tabrakan dengan Mobil HR-V

Baca juga: IDI Khawatir Klaster Demo Picu Lonjakan Kasus COVID-19

Dalam video TikTok terlihat seorang pendemo menggunakan atribut mulai dari helm hingga sepatu yang dikalkulasikan mencapai Rp22 juta. 

Terungkap, Pengemudi Mobil Putih Tabrak Bus Kuning Ternyata Mahasiswa UI

"busyet ada 'anak sultan' ikut demo pake outfit tajir senilai 22 juta," tulis akun itu.

Dalam video yang diambil dari akun facebook itu, dia merinci atribut senilai Rp22 juta yang dikenakan pendemo itu. Diketahui bahwa helm yang digunakan pendemo untuk melindungi kepalanya itu senilai Rp9,4 juta. Kemudian sepatu yang dipakai pendemo itu bernilai Rp5,9 juta. Dan bluetooth intercom yang dikenakannya mencapai Rp3,9 juta.

Helm senilai Rp9,4 juta itu diketahui bermerek Arai. Selain itu, helm itu juga dilengkapi dengan kaca flat arai seharga Rp1,8 juta. Sedangkan sepatunya senilai Rp5,9 juta yang dikenakannya itu merupakan sepatu Nike Air Jordan. 

Pendemo itu juga menggunakan bluetooth intercom yang harganya mencapai Rp3,9 juta. Serta sarung tangan seharga Rp650 ribu. 

"barang2 semahal ini dipakai demo? Keren. Meski ortumu tajir tapi idealisme bela rakyat dibanding anggota DPR," tulis netizen dalam unggahan facebook itu.

Usut punya usut, pendemo itu tidak mengetahui dirinya akan menjadi viral di media sosial. Awalnya dia foto untuk mengabari temannya mengenai posisinya saat itu.

"gue pribadi ga tau kalau bakalan jadi seperti ini, kalaupun ada foto selvie itu gue lagi ngabarim temen gue tentang posisi dmna. Kalaupun dibilang pansos, oke no problem, karna setiap manusia punya pemikiran masing2," tulis dia. 

Dia juga menjawab pertanyaan netizen tentang barang apa yang dilemparnya saat demonstarsi tersebut. 

"itu foto yg viral lu lempar apa?" tanya netizen.

"nasi padang," jawab dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya