Ideafest 2020 Digelar Virtual, Dorong Ekonomi Kreatif Bangkit

Ideafest 2018
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Ideafest akan kembali digelar pada tahun ini setelah sembilan tahun komitmen dalam mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatif di Indonesia. Pada tahun ini Ideafest akan diselenggarakan secara virtual dengan mengusung tema 'Restart'. 

Floratama Learning Center, Solusi Jadikan Labuan Bajo Flores Destinasi Super Prioritas

Tema ‘Restart’ diangkat untuk mengajak masyarakat memulai dan kembali membangun ekonomi. Di mana berbagai sektor akan mempertimbangkan bagaimana mereka tidak hanya untuk bertahan di situasi pandemi, tetapi juga melihat 2020 sebagai peluang baru. 

Berbagai program telah dipersiapkan untuk Ideafest 2020 seperti Talks & Conference, IdeaSpark Forum, Virtual Experience Expo, Music, dan F&B.

Gibran Ungkap 5 Juta Peluang Lapangan Kerja di Sektor Kelestarian Lingkungan atau ‘Green Jobs’

Ideafest akan diselenggarakan pada 5-15 November 2020. Acara ini akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif dan kewirausahaan dengan melibatkan generasi muda untuk mewujudkan perubahan positif bagi Indonesia.

Ideafest 2020 diselenggarakan dalam format virtual, menghadirkan aspek-aspek pengalaman offline di platform online www.ideafest.id.

Ganjar Cerita Pemuda Modifikasi Mobil Bernilai Miliaran Urus Dokumen Kendaraan Dipersulit

"Ideafest menyediakan akses informasi dengan beragam konten dan program yang dapat menginspirasi masyarakat. Sehingga kegiatan ini dapat mendorong dan memberikan dampak ekonomi, termasuk keterlibatan generasi muda dalam komunitas kreatif di Indonesia," kata Ben Soebiakto, CEO, Samara Media & Entertainment dalam acara konferensi pers virtual, Selasa,  27 Oktober 2020.

Dengan tema ‘Restart’, Ideafest juga berfokus kepada pengembangan generasi muda dan kewirausahaan muda.

“Industri kreatif Indonesia di berbagai sektor saat ini banyak diciptakan oleh generasi muda. Karena itu, Ideafest memberikan mereka wadah untuk mendapatkan informasi, mengembangkan keterampilan, dan menciptakan kolaborasi," kata Ben. 

Ben juga berharap tema ‘Restart’ bisa menjadi suatu semangat baru untuk para pebisnis agar dapat memikirkan kembali model bisnis mereka agar tetap bisa bertahan di tengah gempuran COVID-19. 

"Gue berharap Restart ini menjadi suatu spirit baru. Bukan hanya COVID-19 yang membuat bisnis kita gak jalan. Bisa saja bisnis model kita yang salah. Kalau gak ada COVID-19 bisa saja event memilih untuk di Jakarta atau Surabaya tidak terfikir ke kota-kota kecil," katanya. 
 
Pada tahun ini, Ideafest juga menghadirkan program IdeaSpark Forum yang diselenggarakan pada tanggal 5 - 8 November 2020. IdeaSpark Forum merupakan ruang bagi generasi muda untuk dapat mengemukakan berbagai cara pandang mereka yang mencakup 4 topik pembahasan yaitu Masyarakat dan Politik, Kesehatan dan Kesejahteraan, Perubahan Iklim dan Lingkungan, dan Pendidikan.

Ideafest juga akan memberikan panggung virtual kepada figur kreatif untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan ide-ide inspiratif. Tahun ini akan menampilkan lebih dari 110  tokoh dan 6 program yang relevan dengan tren industri kreatif saat ini.

IDEAFEST 2020 menghadirkan deretan figur inspiratif seperti Baim Wong, Raisa Andriana, Najla Bisyir, Tantri Namirah, Jonathan Sudharta, Elora Hardy, Keenan Pearce, Marissa Anita, Lizzie Parra, Yeri Afriyani, Fetty Kwartati, Alanda Kariza, Meiske Taurisia, Edwin, Bahari CK, Arki Prizanada, Lia Sunarjo, Daniel Surya, Salman Subakat, Dominique Diyose, Christine Laifa, Faye Simanjuntak, dan masih banyak lagi.

Untuk mengakses seluruh konten Ideafest 2020, pengunjung dapat membeli tiket dalam 2 kategori yaitu Live seharga Rp200 ribu dan Live and Rewind Rp. 450 ribu di mana pengunjung dapat menyaksikan kembali berbagai program dari Ideafest sampai dengan tanggal 31 Desember 2020. 

Selain akses berbayar, beberapa program Ideafest 2020, seperti IdeaSpark Forum, program musik, experiential expo, F&B, dan beberapa sesi IdeaTalks dapat dinikmati secara gratis. Ideafest 2020 dapat disaksikan dengan cara mengunjungi www.ideafest.id atau melalui platform streaming Vidio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya