Anindya Bakrie dan Maudy Ayunda Berbagi Tips Hidup Ramah Lingkungan untuk Anak Muda

Anindya Bakrie dan Maudy Ayunda di Ideafest 2023.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

JAKARTA – Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) Anindya Novyan Bakrie bersama Maudy Ayunda didapuk menjadi pembicara dalam gelaran IdeaFest 2023. Keduanya membahas hal yang berkaitan dengan pentingnya menjaga lingkungan seperti penggunakan kendaraan umum.

Menciptakan Produk Berkelanjutan Bukan soal Ramah Lingkungan Saja

Dalam kesempatan itu, baik Anindya Bakrie maupun Maudy Ayunda sama-sama menekankan tentang pentingnya advokasi dan menyebarkan prilaku baik terhadap lingkungan agar dapat menjadi contoh untuk orang banyak hingga nantinya mendapat perhatian dari pemangku kebijakan.

Anindya Bakrie dan Maudy Ayunda Dalam Acara Ideafest

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong
Indonesian Economy Has Strength to Face Middle East Crisis

Maudy menjelaskan, advokasi yang paling berdampak adalah lewat contoh. Aktris dan penyanyi itu merasa harus dimulai dari hal kecil seperti membawa tote bag untuk belanja agar mengurangi plastik dan menggunakan sustainable fashion. Setiap orang jangan malu untuk memberi contoh baik atau memberi advokasi demi pemeliharaan lingkungan jangka panjang.

"Kalau menurut aku advokasi yang paling potensial dan berdampak adalah advokasi lewat contoh," kata Maudy Ayunda di JCC Senayan Jakarta, Sabtu, 30 September 2023.

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah

"Orang itu benar-benar misalnya selalu pakai baju yang itu sustainable fashion, kemana bawa tote bag untuk belanja," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anindya Bakrie juga setuju bahwa advokasi sangat penting, pendapat atau suara generasi muda sangat berarti.

"Advokasi ini penting apalagi your voice really matters, penting sekali," kata Anindya Bakrie.

Menurut Anindya, saat ini Indonesia memiliki banyak penduduk, apabila generasi muda kompak melakukan hal baik untuk lingkungan ditambah lagi dengan mensosialisasikannya di sosial media, maka akan cepat terjadinya perubahan ke arah lebih baik dan pemangku kebijakan akan merespons berdasarkan apa yang diinginkan.

Anindya Bakrie dan Maudy Ayunda di Ideafest 2023.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

"Kita tahu Indonesia jumlahnya sudah 275 juta bisa dibilang 150 jutanya anak muda atau relatif muda, artinya apa apabila sama-sama melakukan hal baik lalu ditambah lagi juga mensosialisasikan di media itu pembuat kebijakan akan mengarah kepada apa yang teman-teman inginkan. Dan bukan hanya pembuat kebijakan Indonesia, dunia juga," kata dia.

Kemudian, memberi contoh baik tentang pentingnya menjaga lingkungan juga dirasa sangat penting. Kemudian, ia juga mengingatkan pentingnya gaya hidup yang tidak boros energi.

"Jadi tadi leading by example, atau showing by example sangat berarti sekali," ucap Anindya Bakrie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya