Viral, Warganet Ribut Pecahkan Soal Matematika Simpel Ini

Matematika
Sumber :
  • healthyfoodhouse

VIVA – Musim hujan seperti sekarang ini, paling enak menghabiskan waktu di tempat tidur, di bawah selimut, sambil mendengarkan suara rintik hujan di luar, dan menikmati hidup yang melambat setelah musim kemarau yang sibuk.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Tidak ada yang melarang kamu jika ingin bermalas-malasan, tetapi ini tidak berarti kamu tidak boleh meluangkan waktu untuk mengasah pikiran dan melatih otakmu.

Sekarang, VIVA.co.id menantang kamu, menyelesaikan soal matematika, yang membuat warganet berseteru. Soal matematika ini menjadi viral setelah netizen tidak setuju dengan jawaban yang benar. Maukah kamu mencobanya?

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Baca juga: Setelah Berjuang, 4 Zodiak Ini Dapat Rezeki Luar Biasa di November

Dilansir Healthy Food House, Senin 2 November 2020, soal matematika ini pertama kali diunggah oleh akun @pjmdoll di Twitter. Kemudian persamaan ini telah membagi pengguna internet menjadi dua kelompok.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Kelompok pertama, bersikeras jawabannya adalah 16. Sedangkan yang lain, yakin jawabannya adalah 1. Hal pertama yang tidak mereka sepakati adalah, apakah prinsip PEMDAS akan diterapkan atau tidak. Akronim singkatan dari Tanda kurung, Eksponen, Perkalian, Pembagian, Penjumlahan dan Pengurangan.

Dalam kasus masalah matematika dengan dua atau lebih kemungkinan operasi pada waktu tertentu, PEMDAS menentukan urutan apa yang akan dihitung pertama, kedua dan seterusnya.

"Saya telah mengajar matematika selama hampir 30 tahun, jawabannya 16. Setelah 2+2 sama dengan 4, maka soal menjadi 8:2(4), yang sama dengan 8:2x4. Karena pembagian ada di kiri, itu harus dilakukan terlebih dahulu. Jadi, 4x4=16. Jika ditulis 8 OVER 2(4), jawabannya adalah 1," pendapat warganet.

Baca juga: Kencani 300 Pria, Perempuan Ini Didenda Rp800 Juta

Namun, beberapa pengguna Twitter lain menambahkan, prinsip BODMAS (Bracket, Of, Division, Multiplication, Addition, dan Subtraction) juga dapat digunakan.

"Jawabannya adalah 1. Bagi yang beranggapan 16 (termasuk guru matematika): 8/2 (4)=8/8=1. Penerapan BODMAS berarti menghilangkan penghubung. Anda harus menghapus tanda kurung terlebih dahulu sebelum pindah ke penghubung berikutnya," kata warganet lain.

Banyak yang setuju bahwa soal matematika dapat memiliki dua jawaban yang benar, tergantung pada prinsip matematika yang dipelajari di sekolah. Banyak yang mencoba memecahkannya dengan menggunakan kalkulator, dan mencatat bahwa 'bahkan mesin pun bingung'.

Namun, para ahli menjelaskan, masalah tersebut telah ditulis dengan cara yang membingungkan, dengan sengaja, yang merupakan penyebab utama debat online. Faktanya, ini bisa diselesaikan dengan cara apa pun, tergantung apakah seseorang menggunakan BODMAS atau PEMDAS.

Namun, guru matematika Sekolah Menengah Ferndale, Mr Kelly, mengklaim jawabannya adalah 16, dan setiap orang yang mendapatkan jawaban 1, adalah menggunakan urutan operasi versi lama.

"Saat perkalian atau pembagian, kamu pindah dari kiri ke kanan, bukan dari kanan ke kiri. Makanya beberapa siswa bingung dan mengalikannya sebelum membagi. Perkalian tidak datang lebih dulu dalam situasi ini. Pembagian datang lebih dulu," kata Kelly.

Berikut adalah cara menyelesaikan soal matematika di atas:
- Bagilah 8 dengan 2 = 4
- Lalu, kalikan dengan 4 dengan jumlah (2+2)= 4(4)
- Kamu, akan mendapatkan jawaban 16.

Saat membagi atau mengalikan, mulailah dari kiri ke kanan, bukan dari kanan ke kiri. Bagaimana dengan jawabanmu, benar atau salah?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya