Hari Air Sedunia, Ini 10 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui

Hari Air Sedunia
Sumber :
  • ndtv

VIVA – Setiap 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia atau World Water Day. Ide peringatan ini secara resmi diumumkan pada acara Sidang Umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada tanggal 22 Desember 1992 di Kota Rio de Janeiro, Brazil.

Hari Air Sedunia, yang ditetapkan oleh PBB setiap tahun pada 22 Maret itu didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran 2,2 miliar orang yang hidup tanpa akses ke air bersih. Dilansir dari laman NDTV, Hari Air Sedunia adalan momen untuk mengambil tindakan tentang krisis air global.

Ban Ki Moon: Krisis Air Lebih Mengerikan dari Pandemi COVID-19

Banyak dari kita telah melihat anak-anak kecil dan juga orangtua, dengan wadah dari semua ukuran, mengantre di dekat tangki air atau keran, saat mengemudi lewat. Pada peringatan hari air sedunia ini menjadi momen saatnya kita berhenti, berpikir dan bertindak.

Di tingkat lokal kita perlu berusaha sekuat tenaga untuk memastikan bahwa setiap orang di lingkungan kita mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Pada Hari Air Sedunia, mari berjanji bahwa kita tidak akan menyia-nyiakan air atau membiarkan siapapun membuang air.

Tema hari air sedunia 2021

Tema Hari Air Sedunia tahun ini, menurut PBB adalah "Menghargai Air" dan 'bagaimana kita dapat melindungi sumber daya vital ini dengan lebih baik.

"Nilai air lebih dari sekadar harganya. Air memiliki nilai yang sangat besar dan kompleks untuk rumah tangga, budaya, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan integritas lingkungan alam kita. Jika kita mengabaikan salah satu dari nilai-nilai ini, kita berisiko salah mengelola sumber daya yang terbatas dan tak tergantikan ini," tulis pesan di Hari Ari Sedunia.

Rusia Sebut Ukraina Bikin Senjata Biologis Didukung AS, Ini Kata PBB

Photo :
  • KKP

Tidak hanya membahas mengenai sejarah dan latar belakang perayaan Hari Air Sedunia saja. Di momen perayaan Hari Air Sedunia ini juga terdapat 10 Fakta menarik mengenai air. Berikut ini ulasannya.

1. Saat ini, 1 dari 3 orang hidup tanpa air minum yang aman

2. Pada 2050, hingga 5,7 miliar orang dapat tinggal di daerah di mana air langka setidaknya selama satu bulan dalam setahun

3. Pasokan air dan sanitasi tahan iklim dapat menyelamatkan nyawa lebih dari 360.000 bayi setiap tahun

4. Jika kita membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri, kita dapat mengurangi tekanan air akibat iklim hingga 50 persen

5. Cuaca ekstrem telah menyebabkan lebih dari 90 persen bencana besar selama dekade terakhir

6. Pada 2040, permintaan energi global diproyeksikan meningkat lebih dari 25 persen dan permintaan air diperkirakan akan meningkat lebih dari 50 persen

7. Fokus utama Hari Air Sedunia adalah untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 6: air dan sanitasi untuk semua pada 2030

8. Untuk mempercepat inisiatif yang ditujukan untuk mengatasi tantangan terkait sumber daya air, Sidang Umum mencanangkan 2018-2028 sebagai Dekade Aksi Internasional" Air untuk Pembangunan Berkelanjutan

9. Hampir separuh sekolah di dunia tidak memiliki fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air yang tersedia untuk siswa

10. Dari sekitar 297.000 anak, lebih dari 800 balita setiap hari meninggal setiap tahun akibat penyakit diare karena kebersihan yang buruk, sanitasi yang buruk, atau air minum yang tidak aman.

Ini Sosok Artis Hamil Ukraina Penipu Besar Dunia untuk Hancurkan Rusia
Ilustrasi Dewan Keamanan PBB (sumber: wikimedia)

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

Situasi di Dewan Keamanan PBB yang terkait dengan Israel dan Palestina telah menjadi perdebatan panjang.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2023