Dari Golf, Laura Seca Lebih Peduli Lingkungan

Laura Seca Widyatmodjo
Sumber :
  • Ist

VIVA – Kehidupan anak muda dan kesehatan lingkungan harusnya berjalan beriringan. Generasi muda yang diharapkan bisa semakin sadar akan pentingnya menjaha lingkungan.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Hal itu yang disadari salah satu pegolf junior berprestasi, Lura Seca Widyatmodjo. Putri pasangan Ben Widyatmodjo dan Vivian Secakusuma ini sudah menoreh banyak prestasi dan bermain golf di berbagai tempat.

"Sebagai remaja, ya, memang benar saya peduli dengan lingkungan. Sebagai pegolf, saya pernah bermain di banyak lapangan lapangan golf yang indah di seluruh dunia. Ironisnya, di antara hamparan hijau asri hamparan rumput dan tanaman di lapangan golf, saya justru melihat adanya sampah di beberapa ada aliran sungai atau saluran air atau danau," kata Laura saat berbincang baru-baru ini.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Akibatnya, Laura melihat warna air yang harusnya biru jernih, menjadi coklat. Ia merasa menumpuknya sampah telah merusak keindahan dan kenyamanan lingkungan serta merupakan penyebab polusi udara. 

Sebagai anak muda, Laura tergerak. Ia ingin membantu mencari solusi. Hal yang paling sederhana yang ia lakukan adalah mengontrol, mengurangi sampah yang dihasilkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Selain itu, Laura Seca Widyatmodjo mulai berperan aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan sampah. Siswa kelas 11 program IB diploma di SMA British School Jakarta ini bergerak melalui gerakan Junior Golfers For A Cause.

Gerakan Junior Golfers For A Cause adalah melakukan kegiatan sosial berupa pengumpulan donasi untuk disumbangkan ke organisasi yang bergerak di konservasi atau edukasi lingkungan hidup. Cara mereka mengumpulkan donasi ini cukup unik, yaitu dengan melakukan juggling golf ball, untuk setiap seribu rupiah yang masuk.

Kegiatan ini telah dilakukan sejak 25 Maret dan akan berlangsung hingga 30 April 2021. Saat ini donasi yang sudah terkumpul sekitar Rp6,5 juta. Artinya Laura dan teman-temannya sudah memantulkan bola golf sebanyak 6.500 kali

Rencananya, donasi yang terkumpul akan diserahkan pada Teens Go Green Indonesia, sebuah komunitas anak muda yang melakukan kegiatan edukasi lingkungan bagi para remaja. 

"Saya memilih organisasi ini karena mereka memiliki program mendidik anak remaja tentang bahayanya sampah plastik di laut atau perairan kita," kata Laura yang sempat meraih juara 3 ajang IJG (Indonesian Junior Golf) Premier League 3 di Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya