Hadapi Pandemi, Bisnis Kecantikan Kian Bertabur Kreasi & Inovasi

Program pelatihan dan pemberdayaan insan pelaku bisnis kecantikan
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Pandemi COVID-19 sudah selama setahun lamanya menginfeksi hampir seluruh lini kehidupan, tak terkecuali bisnis kecantikan. Adanya pembatasan pergerakan manusia melalui kebijakan PSBB dan PPKM membuat pengusaha salon kecantikan, ritel kecantikan hingga UMKM kecantikan sedikit banyak mengalami dampaknya.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Dan dengan kondisi pembatasan pergerakan manusia, para pelaku bisnis kecantikan mau tidak mau didorong untuk terus berinovasi dan terintegrasi dengan platform digital.

Kendati secara langsung pelanggan terbatas untuk datang ke gerai, toko, maupun salon, namun secara permintaan terhadap kosmetik dan skin care tetap tumbuh karena shifting permintaan melalui online.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Praktisi bisnis kosmetik kecantikan, dokter Mufiana Ari Utami menuturkan bahwa perlu digiatkannya agenda pelatihan dan pemberdayaan kepada para insan pelaku bisnis kecantikan medis.

Hal itu pula yang mendorong dokter Mufiana Ari Utami mempelopori diselenggarakannya M-Beauty Academy Awards 2021, yang digarap untuk pertama kalinya oleh M-Beauty Academy yang merupakan lembaga kursus estetika profesional yang berfokus untuk memberikan pelatihan dan pemberdayaan kepada masyarakat terkait dengan kecantikan medis.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Adapun tujuan dari program tersebut tak lain adalah mendorong para insan pelaku dunia bisnis kecantikan untuk tetap survive dalam kondisi pandemi saat ini dan memberikan semangat untuk dapat terus berkembang.

Dan setelah berlangsungnya ajang tersebut, permintaan kosmetik alumni pelatihannya selama pandemi justru tercatat meningkat 100% karena memanfaatkan platform digital.

Dalam gelaran perdana, M-Beauty Academy memberikan penghargaan berdasarkan 10 kategori sebagai berikut;
1. Best Choice Skincare Product 2021: Venusglow Clinic Skincare By dr. Dinda Yuliasari, Dipl. Cibtac
2. Best Homecare Innovator and Most Inspiring Woman: Tesya Beauty Skin
By Tesya Melly Warisman Amd.Keb

3. Most Favourite Beautycare and Aesthetic Treatment  2021: IMAmooi Beauty Skin By Khusnul khotimah amd.keb,S.KM,MGz
4. Most Talented & Trusted Aesthetician 2021: Denisa Hendrawan
5. Most Excellent Branding Skincare Product and Most Complete Aesthetic Beautycare 2021: Novi Oxy
6. Rising Star Aesthetic Treatment and Best Indie Skincare Product 2021: Shae Skin Surabaya by Kardinah Rakan
7. Best Revolutionary Innovation of Aesthetic Skin Treatment 2021: Gorjes Glow Pontianak By Meireza Ajeng Pratiwi, S.T, M.Sc (Eng)
8. Best Korean Treatment Pioneer & Most Famous Brand 2021: Bunda Beautycare By Eka Cahya
9. Best Whitening Professional Beauty Care: NA beauty center by BSP
10. Most Excellent Educator Award In Aesthetic Beauty Clinic 2021: Falisha Beauty Care By Ns. Fatmawati, APTD., S.Kep., C.Ht., S.Ph

Dokter Mufiana Ari Utami berharap dengan adanya ajang ini akan memberikan motivasi yang lebih besar lagi bagi industri komestik dan skin care Tanah Air. Dengan terus berinovasi, membuka cabang baru, menciptakan lapangan pekerjaan dan menginsipirasi seluruh wanita Indonesia.

“Selamat kepada para pemenang, ini untuk memotivasi ketika pandemi. Targetnya agar bisnis kecantikan lebih baik lagi tahun depan, dengan investasi modal sesedikit mungkin pun bisa berkembang dan prospeknya sangat menjanjikan tergantung branding dan marketingnya. Mereka sudah membuktikan ini,” ujar dokter Mufiana Ari Utami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya