11 Obat Asam Lambung Alami dan Apotik yang Mudah Ditemukan

asam lambung
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Obat asam lambung merupakan sebuah keadaan seseorang yang mengalami asam berlebih pada kelenjar lambung yang menghasilkan gas, bau mulut.sakit perut, dan lainnya. Meskipun demikian, asam lambung juga dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan.

Makin Marak, Praktek Pemalsuan Obat Herbal Resahkan Produsen dan Konsumen

Apabila hal tersebut terjadi, Anda tidak boleh mengabaikannya karena bisa saja sistem pencernaan sedang mengalami gangguan. Pada umumnya, asam lambung tidak mengakibatkan masalah yang serius dan Anda boleh memimum beberapa obat alami atau obat apotek.

Namun, apabila asam lambung tak kunjung reda, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Nah, berikut ini kami sajikan beberapa obat alami dan obat apotek tanpa resep dokter yang dikutip dari beberapa sumber.

Malas Konsumsi Obat Asam Lambung Terus-Menerus, 9 Hal Ini Bisa Jadi Solusi Lainnya

Lalu, apa saja obat asam lambung?

1. Kayu manis

Jangan Abai, Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan GERD 

Photo :
  • U-Report

Bumbu dapur ini ternyata memiliki fungsi sebagai antacid alami untuk mengobati asam lambung dan bisa menenangkan perut Anda, dengan cara meningkatkan penyerapan dan pencernaan Anda.

Caranya, minum teh kayu manis untuk membantu menyembuhkan saluran pencernaan. Kayu manis merupakan pembangkit nutrisi dan sarat dengan khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan.

2. Gula merah

Photo :
  • U-Report

Gula merah akan membuat sistem pencernaan dan pencernaan Anda lebih bersifat basa. Sehingga akan mengurangi keasaman pada lambung. Caranya, isap sepotong gula merah setelah makan, lalu rasakan manfaatnya.

Selain itu, gula merah juga akan membantu menjaga suhu tubuh normal dan mendinginkan perus selama musim kemarau atau musim panas.

3. Cengkeh

Photo :
  • U-Report

Sudah sejah dulu cengkeh digunakan sebagai obat herbal alami, salah satunya untuk mengobati pencernaan. Cengkeh memiliki sifat kriminatif sehingga akan mencegah pembentukan gas pada saluran pencernaan Anda.

Cara menggunakan obat herbal ini, tambahkan cengkeh pada saat memasak makanan seperti kacang merah yang cenderung menyebabkan perut kembung. Selain itu, Anda juga bisa memakan cengkeh yang dihancurkan untuk mengobati asam lambung serta bau mulut.

4. Pisang

Photo :
  • U-Report

Kandungan antasida alami pada pisang memiliki fungsi untuk menyangga refluks asam. Buah ini merupakan salah satu obat alami yang sangat mudah ditemukan. Caranya, makan satu buah pisang setiap hari untuk mencegah terjadinya asam lambung.

5. Baking soda

Photo :
  • U-Report

Selain manfaatnya untuk membuat kue, baking soda juga memiliki manfaat untuk menetralisir dan menyeimbangkan zat asam lambung. Caranya, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 800 mililiter air.

Minumlah campuran tersebut secara rutin. Namun, pastikan untuk tidak minum lebih dari 7 dosis soda setiap hari. Karena banyak mengonsumsi minuman ini akan mengakibakan gangguan Kesehatan.

6. Air kelapa

Photo :
  • U-Report

Air kelapa akan membantu menghasilkan lendir di saluran pencernaan Anda yang akan melindungi perut dari efek berbahaya akibat produksi asam berlebih. Air kelapa juga kaya akan serat yang akan membantu pencernaan dan mencegah terulangnya asam lambung.

7. Cuka sari apel

Photo :
  • Pinkvilla

Cuka sari apel memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan karena kandungannya. Salah satu manfaat dari cuka sari apel adalah mengobati asam lambung. Caranya, campurkan 1-2 sendok teh cuka apel dengan secangkir air. Minumlah ramuan tersebut satu kali atau dua kali dalam sehari.

8. Susu

Photo :
  • U-Report

Susu mengandung kalsium yang dapat mencegah penumpukan asam pada lambung. Susu juga bisa membantu menstabilkan asam lambung pada lambung Anda. Minumlah susu dengan teratur untuk mencegah naiknya asam lambung.

9. Jahe

Photo :
  • Pixabay/ Couleur

Kandungan anti-inflamasi dan pencernaan yang sangat baik. Cara menggunakannya, kunyah seruas jahe segar atau dengan cara membuat jus jahe dan diminum dua sampai tiga kali dalam sehari.

Anda juga bisa meminum secangkir jahe yang telah direndam dengan air mendidih dan diminum setelah hangat.

10. Antasida

Photo :
  • mylanta.co.id

Antasida merupakan obat apotek pertama yang bisa Anda dapatkan tanpa menggunakan resep dokter. Antasida merupakan obat bebas yang dapat digunakan untuk mentralilasi asam lambung.

Beberapa antasida juga mengandung simetikok yang bisa membantu menyingkirkan gas berlebih dalam tubuh. Contoh obat antasida ini adalah Mylanta, Malox, Gelusil dan lainnya.

11. H-2 receptor blockers

Photo :
  • tagamet.com

Obat ini merupakan obat kedua yang bisa Anda dapatkan di apotik secara bebas. H-2 receptor blockers akan bekerja secara khusus untuk mengurangi peningkatan asam lambung yang akan berujung pada maag. Contoh obat jenis ini adalah Tagamet, Zantac, dan Pepcid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya