10 Dasa Dharma Pramuka Lengkap dengan Penjelasannya

Ilustrasi Pramuka
Sumber :
  • pngtree.com

VIVA – Pramuka atau Praja Muda Karana memiliki sebuah tuntunan dan merupakan inti dari organisasi tersebut. Tuntunan Pramuka ini dinamakan sebagai Dasa Dharma. Dengan menjalankan Dasa Dharma ini, setiap anggota Pramuka dapat menjadi manusia yang berakhlak mulia.

Cerita Brian Siawarta Jadi Pendeta, Malah Pilih Belajar Agama Islam

Dasa Dharma terusun atas dua kata yaitu dasa dan dharma. Dasa artinya sepuluh sedangkan dharma artinya adalah sebuah perbuatan terpuji atau mulia. Sehingga Dasa Dharma dapat disimpulkan sebagai sepuluh tindakan terpuji atau mulia yang harus ditanamkan dan dijadikan pedoman oleh seluruh anggota Pramuka.

Dasa Dharma adalah sebuah pedoman mulia yang harus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari anggota Pramuka. Dasa Dharma mengandung pokok-pokok moral yang menjadi dasar anggota Pramuka untuk menjalankan sebuah tugas. Dengan mengamalkan Dasa Dharma, maka mereka bisa menanamkan nilai luhur yang akan bermanfaat dalam tata kehidupan.

Pendeta Brian Siawarta Ungkap Alasan Mengejutkan Tentang Tatonya

Lantas, Apa Saja Dasa Dharma Pramuka?

Dasa Dharma Pramuka

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

seragam pramuka

Photo :
  • U-Report

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Dasa Dharma Pramuka terdiri atas 10 pedoman mulia untuk anggota Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Sejak tahun 1961, Dasa Dharma Pramuka telah mengalami perubahan sampai sekarang. Nah sebagai anggota Pramuka wajib untuk hafal makna dari Dasa Dharma tersebut. Berikut kesepuluh Dasa Dharma Pramuka:

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil dan gembira
  7. Hemat, cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Isi dan Makna 10 Dasa Dharma Pramuka

Lomba Perkemahan Pramuka Penggalang 2017.

Photo :

1. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Dasa Dharma yang pertama ini memiliki maksud supaya setiap anggota Pramuka memiliki sifat takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan. Selain itu, seorang anggota Pramuka juga harus memiliki sikap toleransi terhadap agama lain dan mempersilakan untuk beribadah sesuai kepercayaannya.

2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia

Seorang anggota Pramuka juga dituntut untuk memiliki cinta kasih bukan hanya kepada manusia melainkan juga kepada makhluk hidup yang lain. Dengan begitu, setiap anggota Pramuka bisa mewujudkan lingkungan yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

3. Patriot yang Sopan dan Ksatria

Dasa Dharma selanjutnya adalah patriot yang sopan dan ksatria. Seorang anggota Pramuka harus memiliki sifat sopan santun ketika menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, mereka juga wajib untuk ikut serta dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia demi mewujudkan negara yang aman dan sejahtera.

4. Patuh dan Suka Bermusyawarah

Setiap anggota Pramuka wajib untuk patuh dalam setiap tugas yang telah diberikan. Seorang anggota Pramuka wajib untuk menghadapi seluruh perintah dan tidak boleh untuk menolaknya. Selain itu, ketika mengambil keputusan, mereka juga tidak boleh sembarangan melainkan harus melalui musyawarah untuk mendapatkan kesepakatan bersama.

5. Rela Menolong dan Tabah

Setiap anggota Pramuka juga harus memiliki sikap rela menolong kepada sesama dengan tanpa membeda-bedakan suku, golongan, atau ras. Kemudian dalam pelaksanaannya mereka juga harus siap menghadapi berbagai cobaan dan musibah.

6. Rajin, Terampil dan Gembira

Seorang anggota Pramuka wajib memiliki sikap yang rajin ketika menjalankan sebuah tugas tertentu. Selain itu, setiap anggota Pramuka juga wajib untuk memiliki keterampilan dan kecakapan. Tentu saja, hal ini juga harus diiringi dengan perasaan yang gembira.

7. Hemat, Cermat dan Bersahaja

Saat menjalankan tugas, setiap anggota Pramuka harus memiliki sifat yang hemat, cermat, dan bersahaja. Oleh karena itu, telah menjadi tugas seluruh anggota Pramuka untuk memiliki kebiasaan hemat dan cermat ketika menempatkan segala sesuatu sesuai dengan manfaat dan fungsinya.

8. Disiplin, Berani dan Setia

Sikap selanjutnya yang harus dimiliki oleh setiap anggota Pramuka adalah disiplin, berani, dan setia. Setiap anggota Pramuka juga wajib memiliki sikap yang berani dalam menghadapi segala tantangan dan setia menjunjung tinggi kepanduannya.

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Setiap anggota Pramuka harus berani bertanggung jawab atas semua perbuatan dan perilakunya. Selain itu, mereka harus bisa dipercaya dan tidak pernah mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan.

10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Dasa Dharma terakhir adalah suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Setiap perbuatan mereka diharapkan dapat menjadi tauladan untuk masyarakat sehingga anggota Pramuka bisa mengendalikan perkataan, perbuatan, pikirannya masing-masing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya