Pemerintah China Larang Pria Feminin Tampil di Layar Kaca

Ilustrasi menonton TV.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pemerintah China akan membuat larangan keras pada sektor teknologi dan dunia hiburan di China. Di dunia hiburan, pemerintah China nakal melarang pria berpenampilan feminin atau pria yang berpenampilan tidak maskulin tampil di televisi.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Langkah-langkah itu digambarkan dalam rencana delapan poin pada awal September ini oleh Administrasi Radio dan Televisi Nasional. Hal tersebut menyerukan “peraturan lebih lanjut tentang pertunjukan seni dan hiburan dan personil terkait.”

Setelah mengumumkan langkah-langkah tersebut, departemen propaganda Partai Komunis Tiongkok menuduh beberapa orang di industri hiburan memberikan pengaruh buruk pada kaum muda 'dan sangat mencemari atmosfer sosial'.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Salah satu dari delapan bagian itu salah satunya adalah dan menjelaskan perlunya lebih menekankan pada 'budaya tradisional Tiongkok, budaya revolusi, dan budaya sosialis.' Dikatakan pihak berwenang akan menetapkan 'standar kecantikan yang benar,' dan memboikot selebriti yang terlalu vulgar, demikian seperti dikutip dari laman Variety, Kamis, 24 September 2021.

Peraturan itu juga menyerukan media China untuk menyebarkan nilai-nilai yang lebih positif, dan untuk asosiasi perdagangan di sektor hiburan televisi dan internet untuk memberikan lebih banyak pelatihan dan disiplin diri.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Pedoman tersebut juga menyerukan peminggiran orang-orang yang telah melanggar hukum atau yang perilakunya di masa lalunya bertentangan dengan ketertiban dan moral masyarakat dan larangan acara audisi idol.

Dalam pengulangan dan penguatan dekrit masa lalu, pedoman juga menyerukan larangan paket gaji besar untuk selebriti, kontrak palsu yang memungkinkan pendapatan disamarkan, dan penghindaran pajak.

Peraturan baru itu juga menunjukkan, kepemimpinan China dalam beberapa hal ingin kembali ke era Sosialis yang lebih sederhana dan lebih murni, yang mungkinkan lebih mandiri, lebih didorong oleh masalah ekonomi komando dan kurang kapitalistik.

Selain itu, presiden Xi Jinping telah menyerukan 'peremajaan nasional',dengan kontrol Partai Komunis yang lebih ketat terhadap bisnis, pendidikan, budaya dan agama.

Hal itu berimplikasi, antara lain pada sektor, impor konten hiburan asing. Film-film Hollywood tahun ini diketahui juga berjuang untuk bisa mendapatkan izin rilis di Cina. Dan setelah larangan lebih dari tiga tahun, pembatasan pada produk hiburan Korea terlihat dilonggarkan. Tetapi komentator sekarang menyarankan, pelonggaran mungkin tidak lebih jauh.

Komunitas LGBTQ China mungkin juga merasa sangat tidak nyaman dengan peraturan tersebut. Sementara itu homoseksualitas tidak lagi diklasifikasikan sebagai penyakit mental di China dan didekriminalisasi pada tahun 1997, hubungan sesama jenis tetap sebagian besar tabu.

Konten hiburan gay tetap berada di zona abu-abu, dan film asing dengan tema gay seperti Call Me By Your Name, dan Bohemian Rhapsody telah disensor atau dihapus dari layar.

Awal tahun ini, aplikasi perpesanan yang dominan Weixin/WeChat telah menghapus semua konten dari akun grup LGBTQ kampus dari universitas-universitas top China.

Pihak berwenang China juga telah memiliki tradisi panjang menghukum tokoh terkenal di industri hiburan, dengan larangan sementara diberikan kepada tokoh-tokoh termasuk Zhang Yimou, Jia Zhangke dan aktor Tang Wei.

Pihak berwenang China juga telah memilih untuk membuat contoh selebriti lain untuk tidak mengikuti kebiasaan narkoba mereka seperti (Jaycee Chan) atau bisnis pelacuran yang dilakukan Wang Quan'an.

Pada tahun 2018, aktris terkemuka negara itu Fan Bingbing diketahui sempat menghilang selama lebih dari dua bulan sebelum muncul kembali, dan mengumkan penyesalannya dan siap untuk membayar denda lebih dari $100 juta untuk pajak dan perselingkuhan kontraknya.

Beberapa tahun terakhir, ada perubahan administrator untuk sektor film dan TV, yang telah menyebabkan penekanan pada nilai-nilai Sosialis dan loyalitas kepada Partai Komunis. Hal ini menyebabkan produksi studio sektor swasta semakin diambil alih oleh konten patriotik.

Sejak akhir 2020, ada tekanan peraturan pada perusahaan teknologi China. Ini sekarang dianggap telah tumbuh terlalu besar dan terlalu cepat, dan telah mengambil tempat yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sehingga mengancam kekuatan Partai.

Dua tren yakni sikap moralistik terhadap perilaku non-Sosialis dan tindakan keras terhadap sektor teknologi kini menyatu dan memiliki dampak mendalam pada perusahaan seperti Alibaba dan Tencent yang tidak hanya merupakan pemain hiburan dan teknologi top China, tetapi juga beberapa dari perusahaan game dan streaming terbesar di dunia.

Baru minggu lalu, regulator di departemen lain, Administrasi Cyberspace China, menyerukan diakhirinya budaya selebriti yang kacau, sambil juga mencari solusi teknologi untuk fandom. Ini mengusulkan batasan pada mesin rekomendasi dan algoritma rujukan yang digunakan oleh perusahaan game, streaming, dan media sosial.

Orang-orang berprofil tinggi dan kaya juga berisiko. Dalam beberapa hari terakhir, aktor top dan investor miliarder Vicki Zhao Wei dihapus dari internet China tanpa penjelasan. Dia memiliki perselisihan kecil dengan pihak berwenang di masa lalu dan mungkin sekarang telah terbuka karena hubungannya dengan Jack Ma, pendiri Alibaba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya