Ngeri! Kenali 18 Tanda-Tanda Psikopat Sejak Dini dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi bos psikopat
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA – Tanda-tanda psikopat awalnya digunakan untuk menggambarkan individu yang mengalami gangguan mental dan ditandai dengan kurangnya empati serta kontrol diri yang buruk atau implusif. Sikap tersebut berakibat pada penderita yang mempunyai perilaku antisosial yang kerap melanggar aturan serta melakukan tindakan kriminal dan kekerasan

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Penting untuk dicatat, bahwa seorang psikopat kemungkinan akan didiagnosis dengan gangguan kepribadian antisosial, kondisi kesehatan mental yang lebih luas yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang secara kronis bertindak dan melanggar aturan.

Tetapi hanya sejumlah kecil individu dengan gangguan kepribadian antisosial yang dianggap sebagai psikopat. Perilaku psikopat begitu bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. Beberapa adalah pelanggar seks dan pembunuh.

Catat! Bus dan Kendaraan Pakai Klakson Telolet Bakal Ditindak Aparat

Tetapi orang lain mungkin menjadi pemimpin yang sukses. Itu semua tergantung pada sifat mereka. Nah, berikut adalah pembahasan mengenai psikopat secara lebih lengkap yang disadur dari verywellmind.com.

Lalu, Bagaimana Tanda-Tanda Psikopat dan Cara Mengatasinya?
Tanda-tanda Psikopat

Polisi Gerebek Kantor Pimpinan Ikatan Dokter Korea, Terkait Dugaan Pelanggaran Hukum

ciri-ciri psikopat

Photo :
  • U-Report

Penting untuk membedakan antara psikopat dan individu dengan sifat psikopat. Dimungkinkan untuk menunjukkan beberapa sifat mereka tanpa menjadi psikopat yang sebenarnya.

Individu dengan sifat tersebut tidak selalu terlibat dalam perilaku psikopat. Hanya individu dengan sifat psikopat yang juga menunjukkan perilaku antisosial yang dianggap sebagai psikopat.

Salah satu studi menemukan bahwa sekitar 29% dari populasi umum menunjukkan satu atau lebih sifat psikopat. Tetapi hanya 0,6% dari populasi yang mungkin cocok dengan definisi psikopat

Tanda-tanda psikopat dapat muncul selama masa kanak-kanak dan tumbuh lebih buruk dari waktu ke waktu. Berikut ini merupakan beberapa tanda psikopat yang sering dijumpai:

Pesona superfisial

Psikopat sering kali disukai di permukaan. Mereka biasanya pembicara yang baik, dan mereka berbagi cerita yang membuat mereka terlihat baik. Mereka mungkin lucu dan karismatik juga.

Kebutuhan akan stimulasi

Psikopat menyukai kegembiraan. Mereka suka memiliki tindakan konstan dalam hidup mereka, dan mereka sering ingin hidup di "jalur cepat". Cukup sering, kebutuhan mereka akan stimulasi melibatkan pelanggaran aturan.

Mereka mungkin akan merasakan sensasi melarikan diri dengan sesuatu, atau mungkin menggemari kenyataan bahwa mereka dapat "tertangkap" kapan saja. Akibatnya, mereka sering berjuang untuk tetap terlibat dalam tugas-tugas yang membosankan atau berulang, dan mereka mungkin tidak toleran terhadap rutinitas.

Kebohongan patologis

Psikopat berbohong supaya mereka terlihat baik dan keluar dari permasalahan. Namun, mereka juga kerap berbohong guna menutupi kebohongan mereka yang lain. Mereka terkadang kesulitan menjaga cerita mereka tetap lurus karena mereka lupa apa yang mereka katakan.

Bila mereka ditantang oleh siapa pun, mereka hanya akan mengatur cerita lagi atau mengolah fakta supaya sesuai dengan situasi.

Rasa harga diri yang berlebihan

Psikopat mempunyai pemikiran yang berlebihan mengenai diri mereka sendiri. Mereka menganggap diri mereka penting dan berhak. Mereka sering merasa dibenarkan untuk hidup menurut aturan mereka sendiri, dan mereka berpikir bahwa hukum tidak berlaku untuk mereka.

Manipulatif

Mereka sangat pandai membuat orang lain melaksanakan apa yang diinginkan. Mereka mungkin mempermainkan kesalahan satu orang sambil berbohong agar orang lain melakukan pekerjaan mereka untuk mereka.

Kurangnya penyesalan

Mereka tidak peduli bagaimana perilaku tersebut akan memengaruhi orang lain. Mungkin mereka akan melupakan sesuatu yang menyakiti orang lain, atau mungkin bersikeras bahwa orang tersebut bereaksi berlebihan saat perasaan mereka terluka.

Pada akhirnya, mereka tidak mengalami rasa bersalah karena menyebabkan orang sakit. Bahkan, mereka sering merasionalisasi perilaku mereka dan menyalahkan orang lain.

Pengaruh dangkal

Psikopat tidak memperlihatkan banyak kemarahan, setidaknya bukan marah yang asli. Mereka mungkin tampak dingin dan tidak emosional sepanjang waktu. Tetapi ketika itu melayani mereka dengan baik, mereka mungkin menunjukkan tampilan perasaan yang dramatis.

Hal ini biasanya berumur pendek dan cukup dangkal. Misalnya, mereka mungkin memperlihatkan kemarahan bila psikopat bisa mengintimidasi orang lain, atau mungkin memperlihatkan kesedihan untuk memanipulasi seseorang. Namun, mereka tidak benar-benar merasakan emosi tersebut.

Kurangnya empati

Mereka sangat berjuang supaya mengerti bagaimana orang lain mungkin akan merasa sedih, cemas, dan takut. Hal ini tentunya tidak masuk akan untuk psikopat karena mereka tidak akan bisa membaca orang. Psikopat tidak peduli dengan orang lain yang menderita, bahkan bila itu merupakan teman dekat atau keluarga.

Gaya hidup parasit

Mereka mungkin mempunyai cerita sedih mengenai alasan mengapa mereka tidak bisa menghasilkan uang, atau mungkin sering melaporkan menjadi korban orang lain. Lalu, psikopat akan memanfaatkan kesempatan yang diberikan orang lain dengan bergantung kepada mereka secara finansial.

Mereka memakai orang untuk memperoleh apa pun yang mereka bisa tanpa memperdulikan bagaimana perasaan orang tersebut.

Kontrol perilaku yang buruk

Psikopat berjuang untuk mengikuti aturan, hukum, dan kebijakan sepanjang waktu. Bahkan jika mereka mulai mengikuti aturan, mereka biasanya tidak mematuhinya lama.

Perilaku seksual bebas

Psikopat cenderung melakukan selingkuh, sebab mereka tidak memperdulikan orang-orang di sekitar mereka. Psikopat mungkin akan melakukan hubungan seks tanpa pengaman dengan orang lain.

Selain itu, mereka mungkin memakai seks sebagai cara untuk memperoleh apa yang diinginkan. Seks tidak pernah merupakan tindakan emosional atau penuh kasih bagi mereka.

Masalah perilaku sejak dini

Kebanyakan psikopat memperlihatkan masalah perilaku pada usia dini. Perilaku tersebut bisa ditandai dengan menyontek, bolos sekolah, merusak properti, menyalahgunakan zat, atau melakukan kekerasan. Perilaku buruk tersebut akan terus meningkat seiring berjalannya waktu dan akan lebih serius.

Kurangnya tujuan jangka panjang yang realistis

Tujuan psikopat mungkin adalah menjadi kaya atau terkenal. Tetapi cukup sering, mereka memiliki sedikit ide tentang bagaimana membuat hal-hal ini terjadi. Sebaliknya, psikopat bersikeras bahwa entah bagaimana mereka akan memperoleh apa yang diinginkan tanpa bersusah payah untuk sampai ke sana.

Impulsif

Psikopat merespons hal-hal sesuai dengan apa yang mereka rasakan. Psikopat berpikir panjang mengenai risiko dan manfaat dari apa yang dipilih oleh mereka. Karena mereka menginginkan kepuasan dengan cepat.

Jadi, psikopat mungkin akan berhenti dari pekerjaan, mengakhiri hubungan, pindah ke kota lain, atau membeli mobil baru.

Tidak bertanggung jawab

Janji tidak berarti apa-apa bagi psikopat. Psikopat tidak dipercaya apakah mereka akan menepati janji atau membayar pinjaman. Psikopat biasakan akan mengabaikan pembayaran tunjangan anak, terjerat hutang, atau melupakan kewajiban dan komitmen yang lain.

Kurangnya tanggung jawab

Psikopat tidak menerima tanggung jawab atas masalah dalam hidup mereka. Mereka melihat masalah mereka sebagai kesalahan orang lain. Mereka sering bermain peran sebagai korban dan senang bercerita mengenai bagaimana orang lain memanfaatkan mereka.

Fleksibilitas kriminal

Psikopat cenderung melihat aturan sebagai saran dan mereka biasanya melihat hukum sebagai batasan yang menahannya. Perilaku kriminal mereka seringkali cukup bervariasi. Pelanggaran ketika mengemudi, pelanggaran keuangan, atau tindakan kekerasan.

Hal itu hanyalah beberapa contoh dari serangkaian kejahatan yang mungkin dilakukan seseorang. Tentu saja, tidak semua dari mereka dipenjara. Beberapa mungkin beroperasi di bawah bisnis yang teduh atau terlibat dalam praktik tidak etis yang tidak mengarah pada penangkapan.

Pencabutan pembebasan bersyarat

Banyak dari mereka yang tidak patuh aturan pembebasan bersyarat saat mereka dibebaskan dari penjara. Mereka mungkin berpikir mereka tidak akan tertangkap lagi. Atau mereka mungkin menemukan cara untuk memaafkan perilaku mereka.

Penyebab psikopat

Ilustrasi seorang psikopat.

Photo :
  • Freepik

Penelitian awal tentang psikopat menunjukkan bahwa gangguan tersebut sering kali berasal dari masalah yang berkaitan dengan keterikatan orang tua-anak. Perampasan emosional, penolakan orang tua, dan kurangnya kasih sayang dianggap meningkatkan risiko seorang anak menjadi psikopat.

Studi telah menemukan hubungan antara penganiayaan, pelecehan, keterikatan yang tidak aman, dan seringnya perpisahan dari pengasuh. Beberapa peneliti percaya bahwa masalah masa kanak-kanak ini dapat menyebabkan sifat psikopat

Tetapi peneliti lain menyarankan mungkin sebaliknya. Anak-anak dengan masalah perilaku yang serius mungkin berakhir dengan masalah keterikatan karena perilaku mereka. Perilaku buruk mereka mungkin mendorong orang dewasa menjauh dari mereka.

Kemungkinan sifat psikopat berasal dari beberapa faktor, seperti genetika, perubahan neurologis, pola asuh yang buruk, dan risiko prenatal ibu (seperti paparan racun di dalam rahim).

Perawatan psikopat

Ilustrasi Pria Psikopat

Photo :
  • Allseriestv

Apakah psikopat dapat diobati adalah masalah yang diperdebatkan secara luas. Beberapa peneliti melaporkan bahwa pengobatan tidak membantu. Yang lain berpendapat bahwa perawatan khusus dapat mengurangi perilaku tertentu, seperti kekerasan.

Tinjauan literatur tahun 2018 menemukan bahwa banyak penelitian yang dilakukan tentang efektivitas pengobatan hanya diterapkan pada populasi tertentu, seperti perilaku seks. Jadi, perawatan yang berhasil dengan populasi tersebut mungkin tidak berhasil untuk psikopat lain.

Demikian pula, psikopat wanita mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda. Secara umum, mereka cenderung tidak terlalu kasar dibandingkan laki-laki, sehingga perlakuan mereka mungkin sedikit berbeda.

Cara Mengatasi psikopat

Psikopat.

Photo :
  • U-Report

Kebanyakan psikopat tidak ingin berubah karena mereka merasa tidak perlu melakukannya. Mereka tetap yakin bahwa orang lain yang salah, bukan mereka. Jadi biasanya orang-orang di sekitar mereka yang mencari strategi koping. Lagi pula, berada di sekitar orang yang tidak berperasaan dan tidak emosional itu sulit.

Apakah Anda berpikir teman, bos, atau kerabat Anda mungkin seorang psikopat, perilaku mereka dapat berdampak serius pada kesejahteraan psikologis Anda jika Anda tidak berhati-hati. Penting untuk menetapkan batasan yang sehat dan mengenali kapan Anda berisiko dimanipulasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya