Jessica Wongso Disebut Punya 4 Ciri Psikopat, Apa Saja?

Jessica Kumala Wongso.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro A

VIVA Showbiz – Kasus sianida Jessica Wongso  sempat menghebohkan Tanah Air pada 2016 lalu. Bagaimana tidak, kasus pembunuhan tersebut merenggut nyawa Mirna Salihin di Kafe Oliver Grand Mall Indonesia. 

Top Trending: Second Account Milik Tamara Tyasmara Hingga Kate Middleton Kegep Edit Fotonya Sendiri

Kini kasus tersebut diangkat ke dalam sebuah film dokumenter berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, dan Jessica Wongso. Sontak saja diangkatnya kisah nyata tersebut, lantas mengingatkan kita atas kejadian dan perjalanan panjang proses persidangan yang dijalani oleh sang terdakwa, Jessica Wongso.

Film dokumenter Netflix yang mengangkat kasus pembunuhan Mirna Salihin ini pun sukses mencuri perhatian dari berbagai macam aspek.  Seperti salah satunya dari ucapan yang dilontarkan oleh ayah mendiang Mirna Salihi, yakni Edi Darmawan Salihin yang menyebut bahwa sosok Jessica Wongso adalah psikopat gila dan narsistik.

Keluarga Yudha Arfandi Sebut Tamara Tyasmara Lakukan Hal Ini untuk Cari Simpati

Lantas, benarkah Jessica Wongso seorang psikopat? Jika benar, apa buktinya? Daripada penasaran, scroll terus artikel selengkapnya berikut ini.

Keluarga Yudha Arfandi Kesal dengan Tamara Tyasmara Bisa Happy dan Party: Allah Maha Kuasa

Jessica Wongso Disebut Psikopat

Mengulas balik pada tahun 2016 silam, di mana saat itu peristiwa tragis terjadi di sebuah kafe Olivier, Grand Indonesia Mall, Jakarta Pusat. Di tahun tersebut, detik-detik kematian Mirna Salihin pun terungkap, usai dirinya diketahui meminum secangkir kopi yang diduga bersianida.

Kejadian tersebut membuat Guru Besar Kriminolog Universitas Indonesia Ronny Rahman Nitibaskara, yang merupakan salah satu saksi ahli persidangan Jessica Wongso mengungkapkan bahwa sang terdakwa kasus pembunuhan itu bukanlah seorang psikopat.

Menurutnya usai melihat dan menganalisa gerak tubuhnya, Ronny mencatat bahwa memang Jessica Wongso bukanlah seorang psikopat, namun ia memiliki ciri yang biasa dimiliki seorang psikopat.

Jessica Kumala Wongso dan kuasa hukumnya, Otto Hasibuan, di persidangan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Ia menyebut, bahwa Jessica Wongso memiliki setidaknya empat ciri dari 22 pertanda yang biasa dimiliki oleh seorang psikopat. Namun lebih lanjut Ronny menjelaskan, bahwa temuan tersebut tetap harus didalami lebih lagi.

“Saya temukan dia cuma 4 (ciri psikopat). Tapi kalau dengan scoring dilakukan bahkan terori Hart di Amerika dengan scanning dan segala macem itu, akan ketahuan seseorang psikopat atau tidak. Saya meralat kembali dia bukan psikopat," terang Ronny kala itu saat bersaksi di persidangan pada waktu 2016 silam.

Ronny menyebut bahwa, Jessica memiliki kepribadian cenderung sensitif dan tak mudah untuk melupakan masa lalu, dan berharap disukai oleh lingkungan sekitarnya.

"Ada ciri-ciri, tipe-tipe yang harus kita singkapi adalah perasaan yang berubah, memanfaatkan orang lain, memiliki kebutuhan besar untuk dicintai. Tidak suka dikritik. Sensitif. Selalu melihat yang menyakiti dirinya. Mengungkit luka lama," kata dia soal kemungkinan Jessica Wongso merupakan seorang psikopat.

Sayangnya dari penilaian tersebut, ternyata ada hal lain yang melemahkan jika Jessica 
memiliki ciri-ciri penyakit psikopat, yaitu cenderung gampang cemas ketika menghadapi tekanan.

"Tidak termasuk psikopat. Gangguan jiwa secara psikiatri neurosis gugup takut cemas. Psikopat tidak punya motif. Meski tidak memenuhi unsur penyakit psikopat. Jessica memiliki kepribadian yang gambang berubah-ubah," kata dia.

Lantas, apa sebenarnya ciri-ciri psikopat itu? Berikut ini terdapat ciri-ciri yang perlu Anda ketahui dari seorang psikopat.

Apa Itu Psikopat?

Dikutip dari laman Very Well Mind, istilah "psikopat" digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak berperasaan, tidak emosional, dan bejat secara moral. 

Meskipun bukan diagnosis kesehatan mental resmi, diagnosis ini sering digunakan dalam lingkungan klinis dan hukum untuk merujuk pada seseorang yang sering kali egosentris, antisosial, kurang penyesalan dan empati terhadap orang lain, dan sering kali memiliki kecenderungan kriminal.

Jessica Wongso

Photo :

Ciri-Ciri Psikopat

Dikutip dari laman Healthline, adapun sederet ciri-ciri psikopat yang perlu Anda ketahui. 

  1. Perilaku yang bertentangan dengan norma sosial
  2. Mengabaikan atau melanggar hak orang lain
  3. Ketidakmampuan untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah
  4. Kesulitan menunjukkan penyesalan atau empati
  5. Kecenderungan untuk sering berbohong
  6. Memanipulasi dan menyakiti orang lain
  7. Permasalahan hukum yang berulang
  8. Pengabaian umum terhadap keselamatan dan tanggung jawab
  9. Mengekspresikan kemarahan dan kesombongan secara teratur
  10. Ceroboh
  11. Impulsif
  12. Dapat menimbulkan konsekuensi berbahaya
  13. Kurang memiliki hubungan emosional yang mendalam
  14. Memiliki daya tarik yang dangkal tentang mereka
  15. Menjadi sangat agresif
  16. Terkadang menjadi sangat marah
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya