Hari Hewan Sedunia Diperingati Setiap 4 Oktober, Ini Awal Mulanya

Ilustrasi gajah
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Setiap tanggal 4 Oktober diperingati sebagai Hari Hewan Sedunia. Hewan tidak dapat berbicara dengan cara konvensional seperti manusia berkomunikasi satu sama lain. 

5 Negara Terbaik Untuk Menikmati Masa Tua

Pada tanggal 4 Oktober, orang-orang di seluruh dunia akan berkumpul untuk merayakan Hari Hewan Sedunia. Di sudut mana pun di planet ini, tidak peduli negara mana yang dijelajahi, hewan akan secara konsisten memiliki dampak yang kuat pada budaya wilayah tersebut.

Sejarah Hari Hewan Sedunia

Seorang Pria Penerima Ginjal Babi Pertama Dinyatakan Meninggal Dunia

Dilansir dari nationaltoday.com, Hari Hewan Sedunia dimulai pada tahun 1925 ketika Heinrich Zimmermann menyelenggarakan perayaan pertama di Berlin. Zimmermann merupakan penerbit majalah pecinta hewan Jerman, “Man and Dog,” meluncurkan acara tersebut untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan kesejahteraan hewan. 

Tanggal 4 Oktober juga dikenal sebagai hari raya Santo Fransiskus dari Assisi, Santo pelindung binatang. Dicintai di antara semua umat Katolik, Santo Fransiskus terkenal karena caranya yang luar biasa dengan hewan dan semua makhluk hidup. 

Manusia dan HP Punya Kesamaan, Ada Spesies Baru

Santo Fransiskus juga merupakan nama kepausan yang dipilih untuk Yang Mulia sendiri, Paus Fransiskus. Beberapa gereja Katolik bahkan dikenal memberikan berkat kepada hewan peliharaan pada hari ini untuk menghormati semua yang telah dilakukan Santo Fransiskus untuk hewan.

Hari Hewan Sedunia juga menjadi ajang bagi para ahli ekologi untuk membahas masalah-masalah yang terkait dengan spesies yang terancam punah. 

Mulai tahun 2003, badan amal yang berbasis di Inggris, Naturewatch Foundation, telah mensponsori acara tersebut dan mengorganisir cara-cara bagi para pecinta hewan di seluruh dunia untuk mengambil bagian dan membuat suara mereka didengar untuk mendukung teman-teman hewan. 

Hari ini bukan hanya untuk hewan peliharaan, tetapi juga untuk hewan liar, spesies yang terancam punah, dan mereka yang terancam oleh kerusakan lingkungan atau kurangnya perlindungan. Hari ini adalah pengingat tidak hanya untuk mencintai hewan di rumah saja, tetapi untuk menghargai dan menghormati semua makhluk hidup yang merupakan bagian dari ekosistem.

Hari Hewan Sedunia 2021: Makna & Tema Hari Hewan Sedunia

Menurut worldanimalday.org.uk, acara ini dirayakan untuk "meningkatkan status hewan dalam rangka meningkatkan standar kesejahteraan di seluruh dunia." Membangun perayaan Hari Hewan Sedunia menyatukan gerakan kesejahteraan hewan, memobilisasinya menjadi kekuatan global untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua hewan. 

Tema Hari Hewan Sedunia 2021 adalah "Hutan dan Mata Pencaharian: Mempertahankan Manusia dan Planet." Pada tahun 2020, itu adalah "Manusia dan Anjing." Pada tahun 2019, organisasi tersebut berfokus pada "Kehidupan di bawah badan air: untuk manusia dan juga planet ini." Setiap tahun tema dimodifikasi agar selaras dengan perkembangan iklim di seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya